Coba Imbangi India, Pakistan Siap Operasikan Kapal Fregat Baru Buatan China

Kamis, 11 November 2021 - 03:30 WIB
loading...
Coba Imbangi India, Pakistan Siap Operasikan Kapal Fregat Baru Buatan China
Fregat Tipe 054A/P buatan China. FOTO/Anadolu Agency
A A A
ISLAMABAD - Pakistan siap menugaskan kapal pertama dari empat fregat Tipe 054A/P buatan China . Kapal yang diberi nama Tughril itu dilepas dari lokasi galangan Kapal Hudong Zhonghua di Shanghai, China pada awal pekan ini.

Seperti dilaporkan Defense News, Rabu (10/11/2021), kapal itu diyakini sebagai kapal permukaan paling kuat yang direncanakan di bawah program modernisasi Angkatan Laut Pakistan. Kemunculan kapal ini dimaksudkan untuk memperbaiki ketidakseimbangan konvensional dengan India.



Duta Besar Pakistan untuk China, Moin Ul-Haq, mengatakan dalam rilis berita Angkatan Laut, bahwa fregat tersebut akan memperkuat kemampuan layanan untuk menanggapi tantangan maritim, memastikan pertahanan ke arah laut, dan menjaga perdamaian, stabilitas, dan keseimbangan kekuatan regional.

Ul-Haq juga memuji China State Shipbuilding Corporation, China Shipbuilding Trading Company, China Ship Development and Design Center, dan Hudong Zhonghua Shipbuilding, serta Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat China untuk memastikan pengiriman fregat tepat waktu di tengah pandemi COVID-19.

Pakistan menjadi pelanggan asing pertama desain kapal di bawah kesepakatan 2017 untuk dua fregat Tipe 054A/P, dengan dua lagi dipesan pada 2018, dengan pengiriman akan dimulai pada 2021. Mereka adalah kapal perang China paling kuat yang diekspor hingga saat ini.



Type 054A/P adalah varian khusus Pakistan yang dilengkapi dengan radar pengawasan udara jarak jauh SR2410C dan Type 517/SUR17B. Laporan sebelumnya berspekulasi bahwa mereka akan dipersenjatai dengan rudal anti-kapal supersonik dan/atau rudal jelajah anti-kapal Harbah Pakistan.

Namun, Richard Fisher, seorang rekan senior di Pusat Penilaian dan Strategi Internasional, mengatakan kepada Defense News, bahwa spekulasi dapat dikesampingkan dengan peluncuran rudal balistik yang diluncurkan kapal Pakistan, yang dijuluki P282.



"Citra yang terungkap selama commissioning Tughril menegaskan bahwa 'P282' adalah rudal balistik anti-kapal berkecepatan hipersonik China Aerospace Science and Industry Corporation (CASIC) CM-401," kata Fisher. CM-401 adalah rudal balistik jarak pendek yang dapat bermanuver untuk menghindari intersepsi dan diduga dapat melakukan perjalanan dengan kecepatan Mach 6.

Menyoroti fleksibilitas Type 054A/P, Fisher mengatakan, Tughril adalah kapal perang ekspor China pertama yang menampilkan sistem peluncuran vertikal 32-sel yang dapat dipersenjatai dengan berbagai rudal anti-pesawat, kapal dan rudal jelajah serangan darat. dan rudal anti-kapal selam, seperti yang ada di fregat PLA Navy Type 054A.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2045 seconds (0.1#10.140)