AS Tes Iron Dome Israel di Guam untuk Lawan Rudal Hipersonik China

Rabu, 10 November 2021 - 03:18 WIB
loading...
A A A
Perencana militer AS sedang mempersiapkan langkah-langkah pertahanan rudal lainnya, seperti untuk perlindungan terhadap rudal balistik dari luar angkasa.

Selain China, sekutu AS Jepang dan Korea Selatan sedang mempersiapkan sistem pertahanan rudal baru.

Komando Pertahanan Udara dan Rudal ke-94 Angkatan Darat AS pertama kali mengumumkan penempatan Iron Dome ke Guam bulan lalu, menyebutnya sebagai “penempatan eksperimental sementara". Pernyataan itu mengatakan Angkatan Darat tidak memiliki rencana untuk melakukan latihan menembak langsung dengan sistem tersebut.

Sistem Iron Dome, yang pertama kali dikembangkan di Israel tetapi diperluas secara signifikan dengan dana AS, telah digunakan secara operasional selama hampir satu dekade di Israel, terutama terhadap roket jarak pendek yang ditembakkan dari Jalur Gaza, tetapi juga di sepanjang perbatasan Suriah. Ini mewakili tingkat terendah dari susunan pertahanan udara multi-level negara itu, bergabung dengan sistem rudal jarak menengah David's Sling, dan sistem rudal jarak jauh Arrow-2 dan Arrow-3.

Iron Dome telah mencegat ribuan proyektil dalam 10 tahun pelayanannya, dan telah dipuji karena telah menyelamatkan ratusan nyawa sejak pertama kali dikerahkan pada tahun 2011.

Dewan Perwakilan Rakyat AS sangat memilih untuk meloloskan undang-undang yang akan memberi Israel USD1 miliar untuk mendanai sistem Iron Dome pada bulan September lalu, setelah dana dihapus dari rancangan undang-undang pengeluaran pemerintah di tengah tekanan dari sekelompok kecil anggota parlemen kubu progresif Demokrat yang memicu kontroversi.
(min)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1414 seconds (0.1#10.140)