Oxford Universitas Terbaik Sejagat, Tsinghua Pimpin Asia

Jum'at, 05 Juni 2020 - 07:57 WIB
loading...
Oxford Universitas Terbaik Sejagat, Tsinghua Pimpin Asia
niversitas Oxford Inggris kembali memuncaki peringkat terbaik universitas di dunia 2020 versi majalah mingguan Time Higher Education (THE). Foto/Istimewa
A A A
LONDON - Universitas Oxford Inggris kembali memuncaki peringkat terbaik universitas di dunia 2020 versi majalah mingguan Time Higher Education (THE). Peringkat ini berhasil dipertahankan Oxford sejak 2017. Di level Asia, gebrakan yang dilakukan Universitas Tsinghua China membuat kampus ini secara beruntun kembali memimpin posisi terbaik pada tahun ini.

Dalam peringkat dunia, Universitas Tsinghua masih masuk jajaran 30 besar. Namun, dibanding tahun lalu posisinya turun satu peringkat menjadi urutan 23. Adapun Universitas Nasional Singapura terjatuh ke urutan 25 di belakang Peking University. Perubahan itu terjadi mengingat adanya pergeseran peringkat di antara universitas asal Amerika Serikat dan Eropa.

Universitas Tsinghua patut bangga karena mampu mengalahkan dominasi Universitas Nasional Singapura yang memuncaki institusi perguruan tinggi terbaik di Asia antara tahun 2016-2018. Sebelum Universitas Nasional Singapura menjadi yang terbaik, posisi teratas dikuasai Universitas Tokyo antara 2011-2015.

Selama beberapa tahun terakhir Universitas Tsinghua mengalami peningkatan kualitas pendidikan, mulai dari dampak penelitian terhadap kemajuan bangsa, pendapatan institusi, hingga perbaikan citra di mata internasional. Jumlah staf, mahasiswa, dan jurnal penelitian dalam bahasa Inggris juga meningkat sangat pesat.

Rektor Universitas Tsinghua, Yang Bin, menyatakan, sejak lama pihaknya berupaya meningkatkan kualitas sistem riset dan pengajaran agar melampaui standar internasional demi menaikkan reputasi global kampusnya. Upaya tersebut telah terbayar dan berbuah manis. Rektor perguruan tinggi dunia juga salut dan memuji kegigihannya. (Baca: Turki Berencana Buka Kembali Penerbangan ke 40 Negara)

Profesor Universitas Oxford, Simon Marginson, menilai Universitas Tsinghua layak ditempatkan sebagai perguruan tinggi terbaik di Asia. Keunggulannya terletak pada hasil riset di bidang ilmu matematika dan komputer, kombinasi yang juga sedang didukung Pemerintah China, hingga mengungguli Amerika Serikat (AS).

“Universitas Tsinghua sedikit lagi bisa menjadi perguruan tinggi terbaik di dunia. Mereka maju begitu pesat, terutama di bidang ilmu fisika dan teknik,” kata Marginson di laman Timeshighereducation.com. “Jika saat ini saja sudah mencapai posisi tersebut, bayangkan posisinya dalam lima tahun ke depan,” sambungnya.

Kemajuan tersebut tidak terlepas dari dukungan finansial yang dikucurkan pemerintah dan perusahaan raksasa China di bawah program Double World-Class. Saat ini banyak dosen dan ahli riset terbaik di dunia yang menginginkan bekerja di Universitas Tsinghua dan memandangnya sama dengan MIT atau Cambridge.

Universitas Tsinghua bukanlah satu-satunya perguruan tinggi China yang sedang naik daun. Peking University juga merangkak naik dari posisi kelima menjadi kedua di tingkat Asia. Kenaikan itu ditopang adanya peningkatan pendapatan penelitian, volume penelitian, pendapatan industri, dan proporsi mahasiswa asing.

Sementara itu, Universitas Ilmu dan Teknologi Selatan (SUSTech) yang berambisi menjadi sekolah kelas dunia untuk pertama kali masuk peringkat 301-350. Perguruan tinggi yang terletak di Shenzhen itu sering disebut sebagai Silicon Valley-nya China karena pesatnya kemajuan teknologi. Padahal, SUSTech baru berusia tujuh tahun. (Baca juga: Mahasiswi Diperkosa dan Dibunuh Picu Kemarahan di Nigeria)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1204 seconds (0.1#10.140)