Iran Akui Punya 25 Kg Uranium Pengayaan 60%, Barat Makin Khawatir

Sabtu, 06 November 2021 - 00:00 WIB
loading...
Iran Akui Punya 25 Kg Uranium Pengayaan 60%, Barat Makin Khawatir
Fasilitas konversi uranium di Isfahan, 450 km selatan Teheran. Foto/REUTERS
A A A
TEHERAN - Iran telah meningkatkan persediaan uranium pengayaan 60% menjadi 25kg. Laporan terbaru itu diungkapkan media pemerintah.

Pengumuman itu datang tak lama setelah tanggal yang ditetapkan untuk dimulainya kembali pembicaraan nuklir antara Teheran dan kekuatan dunia lainnya.

“Republik Islam sejauh ini menghasilkan 25 kilogram uranium 60%," ungkap juru bicara Organisasi Energi Atom Iran Behrouz Kamalvandi pada Jumat (5/11/2021).

Baca juga: Pindahkan Minyak ke Kapal Iran, Kapal Tanker Vietnam Ditahan IRGC

Dia menegaskan, “Kecuali negara-negara dengan senjata nuklir, tidak ada negara lain yang mampu memproduksi sebanyak ini.”

Baca juga: Tegang! Iran Rilis Video Panas IRGC Hadang Kapal Perusak AS Hendak Sita Tanker Minyak

Pengungkapan Kamalvandi datang hanya beberapa hari setelah negosiator nuklir utama Iran, Ali Bagheri Kani, menjelaskan Teheran telah setuju memulai kembali negosiasi di Wina pada 29 November 2021.

Baca juga: Gara-gara Kritik Kontestan Miss France yang Berdarah Israel, 7 Orang Didenda

Pernyataan itu dikonfirmasi badan tindakan eksternal Uni Eropa tak lama setelah itu.

Amerika Serikat (AS), Inggris, Prancis, dan Jerman mengeluarkan pernyataan bersama pada akhir Oktober di konferensi G20, yang mengungkapkan, "Keprihatinan yang mendalam dan berkembang atas program atom Republik Islam. Negara-negara tersebut juga mendesak Presiden Ebrahim Raisi untuk kembali ke upaya itikad baik untuk menyelesaikan negosiasi kita sebagai hal yang mendesak.”
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1463 seconds (10.55#12.26)