Armada Rusia Pantau Kapal Perusak Angkatan Laut AS di Laut Hitam

Minggu, 31 Oktober 2021 - 13:12 WIB
loading...
Armada Rusia Pantau Kapal Perusak Angkatan Laut AS di Laut Hitam
Armada Rusia pantau kapal perusak Angkatan Laut AS di Laut Hitam. Foto/Sputnik
A A A
MOSKOW - Armada Keenam Amerika Serikat (AS) mengatakan bahwa sebuah kapal perusaknya, USS Porter, tengah transit ke Laut Hitam untuk beroperasi dengan sekutunya NATO . Rusia pun tidak tinggal diam dan memberikan perhatian atas keberadaan kapal perang AS.

Armada Laut Hitam Rusia sedang memantau USS Porter, sebuah kapal perusak berpeluru kendali, yang memasuki Laut Hitam. Hal itu dikatakan oleh pusat kendali pertahanan nasional Rusia.

“Pasukan dan sumber daya teknis Armada Laut Hitam terlibat dalam memantau tindakan USS Porter, kapal perusak peluru kendali Angkatan Laut AS, yang memasuki Laut Hitam pada 30 Oktober 2021,” kata badan yang merupakan bagian dari Kementerian Pertahanan Rusia seperti dikutip dari Sputnik, Minggu (31/10/2021).



Sebelumnya, Angkatan Laut AS mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa Armada Keenam serta Pasukan Penyerang dan Pendukung Angkatan Laut NATO memulai operasi di Mediterania dan Laut Hitam.

Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg pekan lalu mengatakan bahwa aliansi tersebut telah meningkatkan kehadirannya di Laut Hitam karena kepentingan strategisnya.

Pada gilirannya, Wakil Menteri Luar Negeri Rusia Alexander Grushko kemudian mengatakan bahwa NATO berusaha mengubah kawasan itu menjadi zona konfrontasi, dan ini sangat berbahaya.



Kapal perang NATO secara berkala memasuki Laut Hitam. Pada akhir Januari, Armada Laut Hitam Rusia melacak kapal perusak rudal yang dipandu USS Porter dan USS Donald Cook Angkatan Laut AS.

Kementerian Luar Negeri Rusia telah berulang kali menyatakan bahwa keberadaan kapal perang di Laut Hitam milik negara-negara di luar kawasan tidak meningkatkan stabilitas di sana. Namun, AS bersikeras bahwa ia bertindak dalam kerangka Konvensi Montreux yang mengatur transit kapal angkatan laut melalui Selat Bosporus dan Dardanelles sementara latihan berlangsung di perairan internasional.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1269 seconds (0.1#10.140)