Hamas Hukum Mati 6 Warga Palestina karena Jadi Mata-mata Israel

Sabtu, 30 Oktober 2021 - 02:18 WIB
loading...
Hamas Hukum Mati 6 Warga Palestina karena Jadi Mata-mata Israel
Para milisi Hamas yang berkuasa di Gaza, Palestina. Kelompok ini menghukum mati 6 warga Gaza atas tuduhan menjadi mata-mata Israel. Foto/REUTERS
A A A
GAZA - Kelompok Hamas yang menguasai Jalur Gaza mengumumkan pada hari Kamis (28/10/2021) bahwa mereka telah menghukum mati enam informan Palestina karena menjadi mata-mata Israel .

"Pengadilan militer Hamas mengatakan telah mengeluarkan hukuman terhadap sejumlah informan, termasuk enam hukuman mati [dan] hukuman lain yang bervariasi antara hukuman seumur hidup dan kerja paksa sementara, dan satu pembebasan," bunyi pengumuman kelompok tersebut, seperti dikutip Times of Israel, Jumat (29/10/2021).



Hamas mengambil pendekatan yang kaku terhadap orang-orang yang diduga kolaborator dengan Israel. Negara Yahudi, bersama dengan Mesir, telah menempatkan daerah kantong Palestina itu di bawah blokade sejak kelompok Hamas mengambil alih kekuasaan dalam kudeta berdarah pada tahun 2007.

Israel mengatakan blokade adalah tindakan yang diperlukan untuk membatasi kemampuan kelompok bersenjata Gaza untuk mempersenjatai diri.

Pada tahun 2018 pengadilan militer Hamas menjatuhkan hukuman mati kepada enam orang karena spionase, termasuk seorang wanita.

Tahun sebelumnya, tiga orang yang dihukum dalam pembunuhan seorang komandan Hamas digantung atau ditembak oleh regu tembak di depan umum.

Hamas berjanji pada hari Kamis bahwa kolaborator yang menyerahkan diri akan menghadapi persyaratan yang lebih lunak."Keputusan yang dikeluarkan telah memenuhi semua prosedur hukum. Semua terpidana diberikan setiap perlindungan hukum," kata kelompok tersebut.

Hukum memerlukan persetujuan dari Presiden Otoritas Palestina Mahmoud Abbas untuk menjatuhkan hukuman mati, tetapi Hamas telah melakukan eksekusi tanpa izin dari Abbas.

Komunitas internasional telah berulang kali mengkritik penggunaan hukuman mati oleh Hamas.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1851 seconds (0.1#10.140)