Jokowi Dorong Kemitraan yang Saling Menghormati Antara ASEAN dan RRC

Selasa, 26 Oktober 2021 - 19:48 WIB
loading...
Jokowi Dorong Kemitraan yang Saling Menghormati Antara ASEAN dan RRC
Presiden Joko Widodo menghadiri KTT ASEAN-RRC secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat. Foto/Biro Pers Sekretariat Presiden/Lukas
A A A
BOGOR - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendorong agar ASEAN dan Republik Rakyat China terus menjalankan kemitraan yang saling menghormati dan saling menguntungkan yang telah terjalin selama 30 tahun.

"Masa 30 tahun adalah waktu yang cukup untuk membangun kepercayaan antara kita," ujar Jokowi dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-24 ASEAN-RRC yang digelar secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (26/10/2021).

Jokowi mengatakan bahwa ASEAN dan RRC memiliki kepentingan yang sama untuk membangun kawasan yang damai dan stabil, termasuk di Laut China Selatan , dengan terus menghormati hukum internasional.

"Keberhasilan kita membangun kemitraan yang kokoh antara lain akan sangat dipengaruhi bagaimana kita mengelola Laut China Selatan," imbuhnya dalam rilis yang diterima Sindonews.



Selain itu, ASEAN dan RRC juga memiliki kepentingan yang sama untuk terus membangun kemitraan guna meningkatkan kesejahteraan. Jokowi menegaskan bahwa ASEAN tidak ingin terjebak di antara rivalitas yang dapat merugikan.

"ASEAN justru ingin mengembangkan kerja sama secara terbuka, secara inklusif, dengan semua mitra di empat prioritas yaitu maritim, konektivitas, pencapaian SDGs, dan penguatan perdagangan investasi," jelasnya.

Jokowi meyakini bahwa kemitraan yang sudah terbangun 30 tahun seharusnya menjadi modal yang kuat.

"Jika kerja sama ini berhasil kita lakukan, maka sebuah kemitraan strategis komprehensif akan merupakan sebuah keniscayaan," tandasnya.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1093 seconds (0.1#10.140)