Menag Minta Penganut Hindu Menjadi Teladan Bagi Umat Beragama

Jum'at, 22 Oktober 2021 - 06:22 WIB
loading...
Menag Minta Penganut Hindu Menjadi Teladan Bagi Umat Beragama
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas meminta umat Hindu menjadi teladan umat beragama di Indonesia. Foto/Kemenag
A A A
JAKARTA - Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas meminta umat Hindu menjadi teladan umat beragama di Indonesia.

Hal ini disampaikan Menag saat menghadiri sekaligus menutup gelaran penganugerahan kompetisi para pemuda dalam olah seni suara kidung suci keagamaan Hindu atau Utsawa Dharma Gita (UDG) Tingkat Nasional ke XIV Tahun 2021 di Jakarta, Kamis,(21/10/2021).

"Saya berharap umat Hindu Indonesia menjadi teladan bagaimana kita bisa mengelola keberagaman menjadi kekuatan yang tidak dimiliki bangsa lain. Saya berkali-kali ke Bali dan menyaksikan langsung bahwa umat Hindu itu sangat bersahabat dan hangat," ucap Menag Yaqut Cholil Qoumas, demikian dikutip pada laman resmi Kemenag Jumat, (22/10/2021).
Menurut Menag, kegiatan ini merupakan upaya untuk merawat keberagaman, mempertebal literasi, dan meningkatkan moderasi beragama. "Saya yakin dengan kita memahami nilai-nilai literasi, semakin kita memahami agama dengan baik, semakin kokoh memegang ajarannya dan menghargai keyakinan yang berbeda. Mari kita jaga negara yang kita cintai ini. Saya tidak ragu dengan umat Hindu Indonesia. Mudah-mudahan ini menjadi cerminan, bagaimana Indonesia ke depan juga seperti itu. Sekali lagi saya berharap umat Hindu mampu menjadi teladan bagi umat beragama lain," sambung Menag.
Menag pun berharap di tahun-tahun mendatang, UDG bisa dilakukan dengan lebih kreatif dan inovatif lagi sehingga semakin semarak, semakin berkualitas, dan mampu memberikan nilai-nilai yang lebih menggerakkan umat Hindu untuk terus meningkatkan kualitas diri dan organisasinya.
"Dengan telah selesainya Utsawa Dharmagita ini, saya mengucapkan selamat kepada para juara untuk semua kategori. Selamat kepada juara umum. Semoga semakin memotivasi umat Hindu di seluruh pelosok nusantara untuk terus meningkatkan pemahaman dan pengamalan agamanya," imbuhnya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1528 seconds (0.1#10.140)