Inggris Peringatkan China Soal Tindakan Militer Berbahaya di Sekitar Taiwan

Jum'at, 22 Oktober 2021 - 05:00 WIB
loading...
Inggris Peringatkan China Soal Tindakan Militer Berbahaya di Sekitar Taiwan
Ilustrasi
A A A
BRUSSELS - Menteri pertahanan Inggris meminta China untuk menemukan cara damai guna menyelesaikan perselisihannya dengan Taiwan . Inggris juga memperingatkan, bahwa serangan China ke zona pertahanan udara Taiwan berbahaya dan dapat memicu konflik.

“Secara militer mereka bersikap seperti yang telah kita lihat. Kami pikir itu tidak bijaksana,” kata Menteri Pertahanan Inggris, Ben Wallace kepada wartawan, seperti dikutip dari Reuters, Kamis (21/10/2021).



"Anda dalam bahaya mendestabilisasi kawasan. Anda dalam bahaya memprovokasi konflik lebih lanjut di daerah sengketa lainnya," katanya selama kunjungan ke Brussel untuk pertemuan NATO.

Sejak 1 Oktober, Taiwan dalam keadaan siaga setelah Angkatan Udara China mengintensifkan penerbangannya. Pakar militer menilai, penerbangan berlebihan oleh pesawat pengebom China, dan serangan jet Taiwan sebagai tanggapan, meningkatkan risiko krisis.

"Perbedaan antara China daratan dan Taiwan perlu diselesaikan melalui metode damai," kata Wallace, seraya menambahkan bahwa dia melihat kesejajaran dengan Hong Kong.



"Saya pikir itu sebabnya kami sangat khawatir tentang Hong Kong, karena Taiwan secara efektif termasuk dalam 'satu negara, dua sistem'," kata Wallace. "Dan, jika Anda membuangnya dan melanggar perintah itu, apa artinya itu bagi Taiwan?"

Presiden China Xi Jinping berjanji pada 9 Oktober untuk mencapai "penyatuan kembali secara damai" dengan Taiwan dan tidak secara langsung menyebutkan penggunaan kekuatan.

Tetapi , Taiwan yang diperintah secara demokratis telah mendapat tekanan militer dan politik yang meningkat dari Beijing untuk menerima kedaulatannya atas pulau itu, yang dianggapnya sebagai provinsi yang membangkang.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1594 seconds (0.1#10.140)