Bolsonaro Didakwa Lakukan Kejahatan Terhadap Kemanusiaan

Kamis, 21 Oktober 2021 - 03:36 WIB
loading...
Bolsonaro Didakwa Lakukan Kejahatan Terhadap Kemanusiaan
Presiden Brasil, Jair Bolsonaro, didakwa melakukan kejahatan terhadap kemanusiaan terkait kebijakannya dalam menangani pandemi COVID-19. Foto/NBC
A A A
BRASILIA - Presiden Jair Bolsonaro didakwa telah melakukan kejahatan terhadap kemanusiaan oleh senat Brasil . Bolsonaro mengacaukan respons terhadap COVID-19 dan berkontribusi atas jumlah kematian yang tinggi.

Senator Brasil, Renan Calheiros, mempresentasikan proposal tersebut kepada komite Senat yang telah menghabiskan enam bulan untuk menyelidiki manajemen pandemi oleh pemerintah Brasil. Keputusan apakah akan mengajukan sebagian besar dakwaan akan diserahkan kepada jaksa agung Brasil, yang ditunjuk Bolsonaro dan sekutunya.

Dalam laporan hampir 1.200 halaman berdasarkan kerja komite, Calheiros menyerukan dakwaan Bolsonaro atas tuduhan mulai dari penipuan dan menghasut kejahatan hingga penyalahgunaan dana publik serta kejahatan terhadap kemanusiaan.

"Dengan bersikeras untuk menggunakan obat pengobatan dini seperti obat antimalaria hydroxychloroquine sebagai satu-satunya kebijakan pemerintah untuk memerangi pandemi, Jair Bolsonaro sangat berkolaborasi untuk penyebaran COVID-19 di wilayah Brasil dan, dengan demikian, menunjukkan dirinya sebagai orang utama yang bertanggung jawab atas kesalahan yang dilakukan oleh pemerintah federal selama pandemi,” bunyi laporan itu seperti dikutip dari AP, Kamis (21/10/2021).



Calheiros, yang ditunjuk komite untuk menulis laporan itu, membacakan ringkasannya kepada komite Senat. Selain Bolsonaro, laporan tersebut merekomendasikan dakwaan untuk anggota pemerintahannya saat ini dan sebelumnya, puluhan sekutu, tiga putra presiden yang adalah politisi dan dua perusahaan.

"Komite mengumpulkan bukti yang banyak menunjukkan bahwa pemerintah federal diam dan memilih untuk bertindak secara non-teknis dan sembrono,” kata laporan itu.

Senator memperoleh ribuan dokumen dan mendengar kesaksian dari lebih dari 60 orang. Skandal terungkap, seperti Bolsonaro yang diduga menutup mata terhadap kemungkinan korupsi dalam kesepakatan untuk membeli vaksin virus Corona.

Menanggapi dakwaan itu, pemimpin sayap kanan Brasil tersebut berulang kali menyebut penyelidikan Senat sebagai instrumen politik yang bertujuan untuk menyabotase dirinya dan membantah telah melakukan kesalahan.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2183 seconds (0.1#10.140)