Inilah Sistem Rudal Canggih yang Dijuluki Iron Dome-nya Iran

Kamis, 14 Oktober 2021 - 13:53 WIB
loading...
Inilah Sistem Rudal Canggih yang Dijuluki Iron Dome-nya Iran
Sistem pertahanan rudal baru Iran yang mirip dengan sistem Iron Dome Israel. Foto/Screenshot Twitter/@middleeastlive0
A A A
TEHERAN - Iran memamerkan sistem pertahanan rudal baru dalam latihan tempur Sky Defenders Velayat 1400. Sistem misil canggih ini dijuluki para jurnalis Timur Tengah sebagai " Iron Dome "-nya Iran karena mirip dengan sistem rudal ternama Israel.

Sistem pertahanan itu masih dirahasiakan nama dan spesifikasinya. Namun, secara sekilas gambar dan video dalam latihan tempur menunjukkan sistem itu diuji dalam menghadapi berbagai ancaman udara dan berhasil mencegatnya.



Menurut Fars News yang berbasis di Iran, Kepala Pangkalan Pertahanan Udara Nasional Brigadir Jenderal Amir Qader Rahimzadeh telah mengumumkan berita bahwa pertahanan yang kuat dan berlapis-lapis terhadap serangan rudal jelajah adalah salah satu tujuan dari latihan pertahanan udara khusus bersama dari misi Sky Defenders Velayat 1400.

Gambar sistem pertahanan udara baru itu diterbitkan untuk pertama kalinya. “Karena fitur yang berbeda dari sistem ini dengan sistem pertahanan udara rudal lainnya di negara ini, informasi resmi dari sistem baru ini belum dipublikasikan,” tulis Fars News.

Media Iran lainnya, Tasnim News, melangkah lebih jauh dalam melihat aspek sistem itu. Disebutkan bahwa sistem tersebut memiliki empat tabung peluncuran dan dapat membawa delapan hingga 12 rudal. Ini akan membuatnya mirip dalam beberapa hal dengan Iron Dome Israel, tetapi juga dapat dibandingkan dengan sistem rudal Umkhonto Afrika Selatan dan versi truknya, yang dibangun oleh Denel Dynamics.

Iran di masa lalu juga mencoba meniru drone Afrika Selatan.

"Dalam hal ini, setiap unit sistem mencapai mobilitas tinggi dan stabilitas tinggi di lingkungan pertempuran dengan kemandirian relatif dari kendaraan sekunder yang membawa radar,” tulis Tasnim News, yang dikutip The Jerusalem Post, Kamis (14/10/2021).

Laporan itu mengatakan sistem tersebut memiliki jangkauan radar 360 derajat dan rudal diluncurkan secara vertikal.

Itu berarti bisa secara bersamaan melibatkan beberapa target. "Karena kebutuhan akan akurasi tinggi untuk melacak target secara akurat, radar ini kemungkinan akan beroperasi di X-band,” imbuh laporan tersebut.

"Penyebaran radar pada kendaraan peluncur mengarah pada pembentukan satu unit yang disebut TELAR (Transporter Erector Launcher And Radar), yang membuatnya sangat sulit untuk mengganggu radar dan menjenuhkannya dengan peperangan elektronik karena hamburan radar di lingkungan pertempuran," sambung laporan Tasnim News.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1362 seconds (0.1#10.140)