Perempat Final Uber Cup: Sektor Tunggal Jadi Kunci, Indonesia Siap Tuntaskan Dendam Lawan Thailand

Kamis, 14 Oktober 2021 - 19:03 WIB
loading...
Perempat Final Uber Cup: Sektor Tunggal Jadi Kunci, Indonesia Siap Tuntaskan Dendam Lawan Thailand
Tim Uber Indonesia bakal menjadikan pertemuan melawan Thailand di perempat final Piala Uber 2020 sebagai ajang balas dendam / Foto: Badmintonphoto
A A A
AARHUS - Tim Uber Indonesia bakal menjadikan pertemuan melawan Thailand di perempat final Piala Uber 2020 sebagai ajang balas dendam. Ya, tim beregu putri Merah Putih punya cerita yang kurang mengenakkan saat tersingkir dari turnamen ini pada 2018 lalu.

Lima tahun lalu, Tim Uber Indonesia gagal melangkah ke semifinal setelah dikalahkan tuan rumah Thailand dengan skor 2-3. Padahal, laga di Impact Arena Bangkok tersebut berlangsung ketat hingga partai kelima.

Kegagalan Indonesia di babak perempat final Piala Uber 2018 ditandai dengan kekalahan Fitriani yang tampil di partai pembuka melawan Ratchanok Intanon dengan dua game langsung 8-21, 7-21.

BACA JUGA: Hasil Undian dan Jadwal Piala Uber 2020: Indonesia Ditantang Thailand

Greysia Polii/Apriyani Rahayu sempat menyamakan kedudukan menjadi 1-1 dengan mengalahkan Jongkolphan Kititharakul/Rawinda Prajongjai dua game langsung 21-11, 21-16. Pada partai ketiga harapan Indonesia untuk memenangkan pertandingan ini terbuka lebar. Gregoria Mariska Tunjung yang tampil menjadi tunggal kedua berhasil mengalahkan Nitchaon Jindapol dengan skor 21-10 dan 22-20.

Tetapi pada partai keempat, Thailand membuat keadaan kembali imbang. Pasangan Indonesia, Della Destiara Haris/Rizki Amelia Pradipta harus mengakui keunggulan Putita Supajirakul/Sapsiree Taerattanachai. Della/Rizki menyerah dengan skor 20-22 dan 12-21.

Pada laga penutup, Busanan Ongbamrungphan berhasil mencuri kemenangan atas wakil Indonesia yakni Ruselli Hartawan. Busanan sukses membuat publik Thailand bersorak setelah memenangi pertandingan dengan skor 21-8 dan 21-12.

BACA JUGA: Jumpa Thailand di Perempat Final Uber Cup 2020, Tim Indonesia Bergantung pada Greysia

Dengan hasil itu, Thailand memastikan diri melangkah ke semifinal Piala Uber 2018. Namun, mereka pada akhirnya dikalahkan oleh China, yang kemudian menjadi juara Piala Uber 2018.

Tak ingin mengulangi kesalahan yang sama, Tim Uber Indonesia butuh skenario yang tepat dalam menyusun pemain yang bakal diturunkan melawan Thailand, terutama di sektor tunggal putri.

BACA JUGA: BWF Dibuat Heboh dengan Semangat Bocah saat Dukung Tim Thomas Indonesia

Kabid Binpres PP PBSI Rionny Mainaky sepertinya sudah menyusuh strategi khusus untuk menjinakkan pasukan Thailand di perempat final Piala Uber 2021. Salah satunya dengan menempatkan Gregoria Mariska untuk menghadapi Ratchanok Intanon. Intanon sendiri masih belum dipastikan turun. Jika dia akhirnya bermain, maka Gregoria yang berpeluang besar untuk menghadapinya. Rionny yakin Gregoria memiliki kemampuan untuk memberi perlawanan.

“Ratchanok diturunkan atau tidak, Gregoria siap menghadapi. Ingat di Olimpiade Tokyo lalu, di gim kedua Gregoria bisa memberi perlawanan kepada Ratchanok,” tutur Rionny.
(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1660 seconds (0.1#10.140)