Tentara China Bersumpah Hancurkan Separatisme Taiwan

Selasa, 12 Oktober 2021 - 23:34 WIB
loading...
Tentara China Bersumpah Hancurkan Separatisme Taiwan
Tentara China bersumpah akan menghancurkan separatisme Taiwan. Foto/Ilustrasi
A A A
BEIJING - Militer China telah memperingatkan akan dengan tegas menghancurkan setiap upaya untuk memisahkan Taiwan dari China. Pernyataan itu dikeluarkan sehari setelah membagikan video pasukan "kejutan" yang melakukan pendaratan di pantai dan latihan penyerangan tepat di seberang laut dari pulau itu.

Dalam editorial surat kabar miliknya, PLA Daily, militer China menyatakan keyakinannya untuk menggagalkan semua campur tangan eksternal dan tindakan separatis 'kemerdekaan Taiwan'.

"Jika pasukan separatis 'kemerdekaan Taiwan' berani memisahkan Taiwan dari China dengan nama apa pun dan dengan cara apa pun, Tentara Pembebasan Rakyat akan dengan tegas menghancurkannya dengan segala cara," bunyi editorial PLA Daily yang dinukil Russia Today, Selasa (12/10/2021).



Sebelumnya pada hari Senin, surat kabar PLA telah memposting video di akun Weibo-nya yang menunjukkan latihan militer baru-baru ini, di mana beberapa gelombang tentara berlatih menguasai pantai.

Video tersebut menunjukkan tentara China menyerbu pantai menggunakan perahu kecil, menerobos kawat berduri dan rintangan lainnya, menggali parit di gundukan pasir, dan berlatih bertarung melalui hutan. Menurut Tentara Pembebasan Rakyat (PLA), aksi tersebut melibatkan pasukan “kejut”, pencari ranjau dan spesialis perahu.

Latihan tersebut dilaporkan dilakukan di provinsi Fujian, yang hanya berjarak 180 kilometer di seberang selat dari Taiwan. China menganggap pulau Taiwan sebagai bagian dari wilayah kedaulatannya di bawah kebijakan 'Satu Cina'. Taiwan telah diperintah oleh kaum nasionalis yang mundur ke sana setelah kalah perang saudara dari Komunis pada tahun 1949.



Selain itu, stasiun televisi negara CCTV dilaporkan juga menayangkan rekaman latihan tembakan langsung yang menampilkan kapal perang dari Komando Teater Timur PLA dalam manuver tempur tiruan. Dalam beberapa bulan terakhir, militer China telah mengerahkan kapal perang dan jet tempur pada latihan serangan di dekat Taiwan sebagai tanggapan atas “provokasi” Amerika Serikat (AS).

Sejak awal Oktober, pesawat tempur China telah melakukan hampir 150 serangan ke zona pertahanan udara Taiwan – menandakan ketegangan tinggi antara Taipei dan Beijing. Namun, penerbangan itu telah berhenti dalam beberapa hari terakhir.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2030 seconds (0.1#10.140)