Agoes Omar, Orang Pertama Indonesia Berlari 250 Km Taklukkan Gurun Sahara

Selasa, 12 Oktober 2021 - 15:19 WIB
loading...
Agoes Omar, Orang Pertama Indonesia Berlari 250 Km Taklukkan Gurun Sahara
Agoes Omar di sebuah etape ultramarathon 250 km di Gurun Sahara, Maroko. foto/istimewa
A A A
JAKARTA - Prestasi membanggakan ditorehkan Agoes Omar, orang pertama Indonesia yang bisa menyelesaikan ultramarathon 250 km di Gurun Sahara, Maroko.

Omar yang tercatat sebagai diaspora Indonesia di Singapura ini, juga satu-satunya orang Indonesia yang mencapai garis finis ajang balap kaki terberat di bumi itu.

baca juga: Tragedi Pelari Meninggal Dunia Usai Taklukkan Kejamnya Gurun Sahara

Dalam event bertajuk Marathon des Sables 2021, 50% peserta gagal mencapai garis finis, dan satu orang meninggal karena suhu panas ekstrem yang mencapai 52 derajat Celsius.

Omar berlari selama tujuh hari di Gurun Sahara, persisnya finis pada 11 Oktober 2021. “Kaki peserta yang ikut lomba pada berantakan. Alhamdulillah kaki saya cuma lecet,” ujar Omar dari ujung telepon. Saat dihubungi KORAN SINDO, Omar masih berada di Paris, usai penerbangan dari Maroko, tempat di mana dia menuntaskan misi larinya.

Sekadar diketahui, perlombaan lari setiap tahun di Gurun Sahara Maroko selatan, ini telah dianggap sebagai lomba lari terberat di Bumi. Acara pertama Marathon dimulai pada tahun 1986. Pelari berkelok-kelok menaiki punggung bukit yang besar, menempuhmedan berat berpasir panas, hingga harus berkemah di malam harinya, di tengah Gurun Sahara.

baca juga: Jarang Terjadi, Salju Kembali Selimuti Gurun Sahara yang Panas

Omar mengaku, untuk mengikuti event ini, dia melakukan persiapan selama 6 tahun. “Selama 6 tahun rutin ikut event lari, baik di dalam maupun di luar negeri,” kata Omar.

Yang mencengangkan, ternyata Omar turut mendedikasikan larinya untuk pengasuhan berkualitas anak-anak terdampak Covid-19 dalam dampingan SOS Children’s Villages Indonesia.

“Wajah anak-anak yatim itu juga yang menjadi penyemangat saya untuk terus berlari hingga garis finis,” kata Omar.

Pada momen ini, Omar tak lupa mengajak masyarakat untuk mendukung pemenuhan hak-hak anak melalui kampanye #BersamaUntukAnak. Berawal dari Run to Care Bali 2019, saat dirinya mengetahui langsung kehidupan anak-anak di SOS Children’s Villages bersama Ibu Asuh mereka. Perkenalan itu mengantarkan Omar pada gambaran lebih besar tentang hidup.

“Saya kagum dengan nilai-nilai yang diperjuangkan SOS Children’s Villages, juga tentunya nilai-nilai yang ditanamkan kepada anak-anak di sana. Saya pun bertekad untuk ikut mendukung perjuangan SOS Children’s Villages melalui hobi berlari saya, demi anak-anak Indonesia,” ujar Omar.

Dengan misi menjaga masa depan anak-anak Indonesia, Omar berkontribusi untuk lebih dari 7.200 anak SOS Children’s Villages Indonesia yang telah atau terancam kehilangan pengasuhan orang tua. Masyarakat juga dapat mendukung perjuangan Omar melalui runtocare.com/omarforchildren.
(ymn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1732 seconds (0.1#10.140)