Kapal Selam Nuklir AS yang Tabrakan di Laut China Selatan Harganya Rp42,6 Triliun

Jum'at, 08 Oktober 2021 - 13:18 WIB
loading...
Kapal Selam Nuklir AS yang Tabrakan di Laut China Selatan Harganya Rp42,6 Triliun
USS Connecticut, kapal selam bertenaga nuklir AS yang terlibat tabrakan dengan objek misterius di bawah Laut China Selatan pada 2 Oktober 2021. Foto/Mack Jamieson/Submarine Group Nine
A A A
WASHINGTON - Kapal selam bertenaga nuklir USS Connecticut milik Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) tabrakan dengan objek misterius di bawah Laut China Selatan . Kapal canggih ini harganya USD3 miliar atau lebih dari Rp42,6 triliun.

Insiden itu terjadi pada 2 Oktober 2021. Angkatan Laut Amerika masih merahasiakan objek misterius yang bertabrakan dengan USS Conneticut.



Tingkat kerusakan kapal masih dinilai, namun kapal itu diklaim masih mampu beroperasi penuh dan sekarang dalam perjalanan ke Guam.

Seorang pejabat Angkatan Laut AS pada Jumat (8/10/2021) mengatakan 11 pelaut mengalami sedang hingga ringan yang tidak membahayakan jiwa.

"Kapal itu dalam kondisi aman dan stabil," kata Armada Pasifik Angkatan Laut AS.

"Pembangkit tenaga nuklir Connecticut tidak terkena dampak dan tetap beroperasi penuh," lanjut Armada Pasifik dalam sebuah pernyataan.

"Kami akan melakukan penyelidikan yang sangat menyeluruh untuk mengetahui apa yang terjadi," imbuh James Adams, pejabat dari Armada Pasifik.

Kapal selam serang cepat kelas Seawolf itu berangkat dari Naval Base Kitsap-Bremerton sejak 27 Mei 2021. USS Connecticut ditugaskan untuk operasi maritim di Samudra Pasifik.

Seorang pejabat Angkatan Laut Amerika mengatakan itu objek yang bertabrakan dengan USS Conneticut bukan kapal Angkatan Laut, salah satu armada AS atau pun kekuatan asing.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1750 seconds (0.1#10.140)