Biden dan Xi Jinping Sepakat Patuhi Perjanjian Taiwan

Rabu, 06 Oktober 2021 - 20:26 WIB
loading...
Biden dan Xi Jinping Sepakat Patuhi Perjanjian Taiwan
Presiden AS Joe Biden dan Presiden China Xi Jinping sepakat mematuhi Perjanjian Taiwan. Foto/Ilustrasi/Sindonews
A A A
WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengatakan ia telah melakukan pembicaraan dengan Presiden China Xi Jinping terkait permasalahan Taiwan . Mereka pun setuju untuk mematuhi "perjanjian Taiwan", karena ketegangan meningkat antara Taipei dan Beijing.

"Saya sudah berbicara dengan Xi tentang Taiwan. Kami setuju kami akan mematuhi perjanjian Taiwan," katanya.

"Kami menjelaskan bahwa saya tidak berpikir dia harus melakukan apa pun selain mematuhi perjanjian," imbuhnya seperti dikutip dari Reuters, Rabu (6/10/2021).

Biden tampaknya merujuk pada kebijakan lama Washington di mana ia secara resmi mengakui Beijing daripada Taipei, dan Undang-Undang Hubungan Taiwan, yang memperjelas bahwa keputusan AS untuk membangun hubungan diplomatik dengan Beijing alih-alih Taiwan bertumpu pada harapan bahwa masa depan Taiwan akan ditentukan dengan cara damai.



Sementara tindakan itu mengikat AS untuk memberi Taiwan sarana guna mempertahankan diri, Washington hanya mengakui sikap China bahwa pulau itu miliknya dan bahwa ada "satu China", dan tidak mengambil posisi atas kedaulatan Taiwan.

Kementerian Luar Negeri Taiwan mengatakan telah meminta klarifikasi dari Amerika Serikat tentang komentar Biden, dan diyakinkan bahwa kebijakan AS terhadap Taiwan tidak berubah, komitmen AS kepada mereka sangat kuat dan AS akan terus membantu Taiwan mempertahankan pertahanannya.

“Menghadapi ancaman militer, diplomatik dan ekonomi pemerintah China, Taiwan dan Amerika Serikat selalu menjaga saluran komunikasi yang erat dan lancar,” katanya, mencatat komentar kekhawatiran AS baru-baru ini tentang kegiatan China.

Pernyataan kepada wartawan di Gedung Putih yang dibuat setelah kembalinya Biden dari perjalanan ke Michigan datang di tengah eskalasi hubungan Taiwan-China.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1406 seconds (0.1#10.140)