Ini Macam-macam Beasiswa Kuliah yang Perlu Dipahami

Kamis, 16 September 2021 - 14:42 WIB
loading...
Ini Macam-macam Beasiswa Kuliah yang Perlu Dipahami
Beasiswa kuliah memberi banyak manfaat ketika dihadapkan pilihan mana beasiswa yang sesuai dengan kebutuhan pencari beasiswa. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Saat ini semakin banyak beasiswa pendidikan yang disalurkan ke masyarakat. Tidak berhenti di beasiswa yang diberikan dari pemerintah namun juga banyak beasiswa dari pihak swasta. Tidak hanya dari siapa penyedianya namun beasiswa pun juga dibedakan dari bentuk pembiayaan dan juga cakupannya.

Berikut ini dijelaskan mengenai macam-macam beasiswa kuliah agar mudah dipilih.



Melansir laman Ruang Guru di ruangguru.com, Kamis (16/9/2021), mengenal macam-macam beasiswa kuliah memberi banyak manfaat ketika dihadapkan pilihan mana beasiswa yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan yang dimiliki oleh pencari beasiswa tersebut.

Untuk itu, mari kita kenali beasiswa dari sumber pembiayaan, bentuk pembiayaan, dan cakupan pembiayaan.

A. Beasiswa Berdasarkan Bentuk Pembiayaan
1. Beasiswa penghargaan
Beasiswa ini hanya diberikan kepada kamu yang memiliki prestasi atau pencapaian akademik terbaik. Indikator dari beasiswa ini adalah Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) untuk mahasiswa atau rata-rata nilai akademik bagi kamu yang masih sekolah. Tidak hanya dari nilai saja, aktif dalam berbagai kegiatan non-akademik lainnya juga akan menjadi salah satu syarat pertimbangan untuk bisa mendapatkan jenis beasiswa penghargaan.

2. Beasiswa bantuan
Beasiswa ini diberikan kepada mereka yang dinilai kurang mampu secara ekonomi, tetapi memiliki prestasi akademik baik sehingga dianggap layak untuk melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi. Pihak beasiswa akan meninjau ketidakmampuan finansial calon penerima beasiswa dari beberapa faktor seperti pendapatan orang tua, jumlah saudara kandung yang sedang menempuh studi, serta pengeluaran dan biaya hidup.



3. Beasiswa penelitian
Beasiswa ini menawarkan pendanaan untuk penerima yang akan melakukan penelitian terkait bidang studi yang sedang dijalani. Sumbernya pun dapat berasal dari universitas, perusahaan, atau lembaga pemerintahan yang memiliki proyek penelitian dan membutuhkan tenaga akademis. Jumlah dana dan periode yang ditawarkan tergantung pada banyaknya biaya yang dibutuhkan serta lamanya penelitian dilakukan.

4. Beasiswa non-akademik
Tidak hanya prestasi akademik saja yang menjadi syarat untuk seseorang bisa mendapatkan beasiswa. Saat ini sudah banyak lembaga atau perguruan tinggi yang menyediakan bantuan pendidikan untuk mereka yang mempunyai prestasi di luar bidang akademik. Misalnya beasiswa olahraga.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1178 seconds (0.1#10.140)