Taliban Bantah Wakil PM Mullah Baradar Tewas dalam Baku Tembak

Selasa, 14 September 2021 - 16:11 WIB
loading...
Taliban Bantah Wakil PM Mullah Baradar Tewas dalam Baku Tembak
Taliban bantah Wakil Perdana Menteri Mullah Baradar tewas dalam baku tembak dengan pendukung tokoh pesaingnya. Foto/Straits Times
A A A
KABUL - Taliban membantah bahwa salah satu pemimpin utama mereka tewas dalam baku tembak dengan pendukung tokoh yang menjadi saingannya. Kabar ini muncul menyusul desas-desus tentang perpecahan internal dalam gerakan itu hampir sebulan setelah kemenangan kilatnya atas pemerintah dukungan Barat di Kabul.

Juru bicara Taliban Sulail Shaheen mengatakan, Mullah Abdul Ghani Baradar, merilis pesan suara yang menolak klaim bahwa dia telah terbunuh atau terluka dalam bentrokan senjata. Baradar adalah mantan kepala kantor politik Taliban yang ditunjuk sebagai Wakil Perdana Menteri pekan lalu.

"Dia mengatakan itu bohong dan sama sekali tidak berdasar," kata Shaheen dalam sebuah pesan di Twitter seperti dikutip dari Straits Times, Selasa (14/9/2021).

Taliban juga merilis rekaman video yang konon menunjukkan Baradar pada pertemuan di kota selatan Kandahar. Namun Reuters tidak dapat segera memverifikasi rekaman tersebut.



Penyangkalan itu menyusul rumor berhari-hari bahwa para pendukung Baradar terlibat bentrokan dengan pendukung Sirajuddin Haqqani, kepala jaringan Haqqani yang berbasis di dekat perbatasan dengan Pakistan dan dipersalahkan atas beberapa serangan bunuh diri terburuk dalam perang tersebut.

Desas-desus tersebut mengikuti spekulasi tentang kemungkinan persaingan antara komandan militer seperti Haqqani dan para pemimpin dari kantor politik di Doha seperti Baradar, yang memimpin upaya diplomatik untuk mencapai penyelesaian dengan Amerika Serikat (AS).

Taliban telah berulang kali membantah spekulasi tentang perpecahan internal.

Baradar, yang pernah dianggap sebagai kepala pemerintahan Taliban, tidak terlihat di depan umum selama beberapa waktu dan bukan bagian dari delegasi menteri yang bertemu dengan Menteri Luar Negeri Qatar Sheikh Mohammed bin Abdulrahman al-Thani di Kabul pada hari Minggu.



Pemimpin tertinggi gerakan itu, Mullah Haibatullah Akhundzada, juga tidak terlihat di depan umum sejak Taliban merebut Kabul pada 15 Agustus, meskipun ia mengeluarkan pernyataan publik ketika pemerintahan baru dibentuk pekan lalu.

Spekulasi mengenai para pemimpin Taliban telah didorong oleh keadaan seputar kematian pendiri gerakan tersebut, Mullah Omar, yang baru diumumkan pada tahun 2015 dua tahun setelah itu terjadi, memicu tuduhan pahit di antara para pemimpin.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0714 seconds (0.1#10.140)