Rusia Siap Tes Prototipe Tank T-90M Proryv, Mampu Hancurkan Musuh dalam Jarak 5 Km

Minggu, 12 September 2021 - 10:57 WIB
loading...
Rusia Siap Tes Prototipe Tank T-90M Proryv, Mampu Hancurkan Musuh dalam Jarak 5 Km
Rusia minggu ini mengumumkan siap melakukan tes terhadap prototipe tank T-90 M Proryv. Foto/National Interest
A A A
MOSKOW - Rusia minggu ini mengumumkan bahwa prototipe pertama dari tank T-90M Proryv terbarunya akan segera diuji dalam serangkaian latihan militer . Tank terbaru ini telah dilengkapi dengan sistem optoelektronik tambahan.

“Selama forum internasional Angkatan Darat 2021, Badan Utama Mobil dan Tank Kementerian Pertahanan Federasi Rusia untuk pertama kalinya memamerkan tampilan statis dari tank tempur utama T-90M Proryv dengan satu set tambahan sistem optoelektronik,” kata sumber industri pertahanan Rusia kepada kantor berita TASS yang dinukil National Interest, Minggu (12/9/2021).

“Itu adalah salah satu prototipe pertama, yang akan segera diuji dalam latihan militer,” sumber itu menjelaskan, menambahkan bahwa keputusan pengiriman sversi tank ini ke pasukan Rusia akan dibuat setelah uji coba.



Juga dikenal sebagai Proryv-3 (Breakthrough-3), tank T-90M adalah versi perbaikan dari T-90 dan pertama kali diungkapkan kepada publik pada tahun 2017. Batch pertama dari tank T-90M yang dimodernisasi ini dikirim ke pasukan Rusia di musim semi 2020.

T-90M memiliki fitur perlindungan lapis baja yang ditingkatkan, yang mencakup Relikt built-in Explosive Reactive Armor (ERA) sebagai pengganti Kontakt-5 sebelumnya. Tank ini dapat memberikan perlindungan terhadap hulu ledak tandem sekaligus secara signifikan mengurangi penetrasi peluru Sabot Penusuk Sirip Baja. Tank yang dimodernisasi ini juga dilengkapi dengan modul turret baru, yang dikombinasikan dengan kompleks senjata yang kuat dan sistem kontrol tembakan otomatis, dilaporkan sangat meningkatkan kemampuan tempur tank.

Tank ini dilengkapi dengan meriam 125 mm, dilaporkan mampu menembakkan jenis amunisi modern, termasuk peluru kendali yang dapat menghancurkan tank musuh pada jarak hingga lima kilometer.



Kantor berita TASS melaporkan bahwa selama forum Angkatan Darat-2021, Kementerian Pertahanan Rusia menandatangani kontrak dengan pabrik Uralvagonzavod, bagian dari perusahaan negara Rostec, yang menetapkan pengiriman batch lain tank T-90M Proryv dan modernisasi tank T-90 ke level T-90M.

Rusia tidak sendirian dalam mengerjakan upaya untuk mencapai target jarak jauh dengan lebih baik. Tahun lalu Angkatan Darat AS berhasil menguji sistem Extended Range Cannon Artillery (ERCA), yang mencapai target empat puluh tiga mil jauhnya. Meskipun ini masih merupakan meriam howitzer self-propelled dan bukan tank sebenarnya, ini adalah bagian dari penekanan untuk memukul musuh jauh sebelum mereka bisa menyerang balik.

Pentagon menunda proyek itu awal tahun ini, tetapi mungkin dengan berita bahwa Rusia sedang mengerjakan sistem senjata over-the-horizon, ERCA dapat diberi kesempatan lain.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1267 seconds (0.1#10.140)