Rusia Siap Tes Prototipe Tank T-90M Proryv, Mampu Hancurkan Musuh dalam Jarak 5 Km

loading...
Rusia Siap Tes Prototipe Tank T-90M Proryv, Mampu Hancurkan Musuh dalam Jarak 5 Km
Rusia minggu ini mengumumkan siap melakukan tes terhadap prototipe tank T-90 M Proryv. Foto/National Interest
MOSKOW - Rusia minggu ini mengumumkan bahwa prototipe pertama dari tank T-90M Proryv terbarunya akan segera diuji dalam serangkaian latihan militer . Tank terbaru ini telah dilengkapi dengan sistem optoelektronik tambahan.

“Selama forum internasional Angkatan Darat 2021, Badan Utama Mobil dan Tank Kementerian Pertahanan Federasi Rusia untuk pertama kalinya memamerkan tampilan statis dari tank tempur utama T-90M Proryv dengan satu set tambahan sistem optoelektronik,” kata sumber industri pertahanan Rusia kepada kantor berita TASS yang dinukil National Interest, Minggu (12/9/2021).

“Itu adalah salah satu prototipe pertama, yang akan segera diuji dalam latihan militer,” sumber itu menjelaskan, menambahkan bahwa keputusan pengiriman sversi tank ini ke pasukan Rusia akan dibuat setelah uji coba.

Baca juga: Tank Baru Inggris Jadi Bencana, Lebih dari 300 Tentara Terluka



Juga dikenal sebagai Proryv-3 (Breakthrough-3), tank T-90M adalah versi perbaikan dari T-90 dan pertama kali diungkapkan kepada publik pada tahun 2017. Batch pertama dari tank T-90M yang dimodernisasi ini dikirim ke pasukan Rusia di musim semi 2020.

T-90M memiliki fitur perlindungan lapis baja yang ditingkatkan, yang mencakup Relikt built-in Explosive Reactive Armor (ERA) sebagai pengganti Kontakt-5 sebelumnya. Tank ini dapat memberikan perlindungan terhadap hulu ledak tandem sekaligus secara signifikan mengurangi penetrasi peluru Sabot Penusuk Sirip Baja. Tank yang dimodernisasi ini juga dilengkapi dengan modul turret baru, yang dikombinasikan dengan kompleks senjata yang kuat dan sistem kontrol tembakan otomatis, dilaporkan sangat meningkatkan kemampuan tempur tank.

Tank ini dilengkapi dengan meriam 125 mm, dilaporkan mampu menembakkan jenis amunisi modern, termasuk peluru kendali yang dapat menghancurkan tank musuh pada jarak hingga lima kilometer.

Baca juga: TOS-2 Tosochka, Sistem Pelontar Api Terbaru Rusia

Kantor berita TASS melaporkan bahwa selama forum Angkatan Darat-2021, Kementerian Pertahanan Rusia menandatangani kontrak dengan pabrik Uralvagonzavod, bagian dari perusahaan negara Rostec, yang menetapkan pengiriman batch lain tank T-90M Proryv dan modernisasi tank T-90 ke level T-90M.
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top