Duga Taliban-Pakistan Kerja Sama, Iran Kecam 'Intervensi Asing' di Afghanistan

Jum'at, 10 September 2021 - 06:29 WIB
loading...
Duga Taliban-Pakistan Kerja Sama, Iran Kecam Intervensi Asing di Afghanistan
Milisi Taliban mengamankan unjuk rasa di Kabul, Afghanistan. Foto/REUTERS
A A A
KABUL - Taliban dan Pakistan membantah tuduhan bahwa pesawat tak berawak (drone) dan personel darat Pakistan memberikan bantuan militer kepada Taliban di Provinsi Panjshir.

Juru bicara militer Pakistan Mayor Jenderal Babar Iftikhar menolak klaim ini sebagai "propaganda yang sepenuhnya salah dan tidak rasional."

Menteri Luar Negeri (Menlu) Iran Hossein Amir-Abdollahian mendesak para peserta pertemuan yang disponsori Pakistan di Afghanistan untuk menahan diri dari menggunakan "kekuatan militer".



Pernyataan itu muncul seiring laporan bahwa Islamabad telah memberikan dukungan udara dan darat kepada Taliban untuk melawan Front Perlawanan Nasional (NRF) di Provinsi Panjshir.



Pertemuan virtual tentang Afghanistan itu juga dihadiri Menteri Luar Negeri (Menlu) China Wang Yi, Menlu Uzbekistan Abdulaziz Kamilov, Menlu Turkmenistan Rashid Meredov dan Menlu Tajikistan Sirojiddin Muhriddin.

Menurut juru bicara di Kementerian Luar Negeri Iran Saeed Khatibzadeh, Amir-Abdollahian menyatakan keprihatinan tentang prospek "intervensi asing" di Afghanistan. Amir-Abdollahian juga mencerca pendudukan AS selama 20 tahun di Afghanistan.

Beberapa pejabat Afghanistan mengklaim posisi NRF di Panjshir, provinsi barat laut yang belum sepenuhnya dikuasai Taliban, diserang pesawat tak berawak Pakistan pekan ini.

Pejuang Taliban melancarkan serangan besar-besaran untuk mengambil alih kubu oposisi, tetapi NRF mengklaim mereka telah mampu mengusir kelompok militan Islam dan masih mengendalikan "posisi strategis" di Lembah Panjshir.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1270 seconds (0.1#10.140)