Khamenei: Biden Punya Tuntutan yang Mirip Trump Soal Nuklir Iran

Minggu, 29 Agustus 2021 - 06:01 WIB
loading...
Khamenei: Biden Punya Tuntutan yang Mirip Trump Soal Nuklir Iran
Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei bertemu Presiden Iran Ebrahim Raisi dan anggota kabinetnya di Teheran, Iran, 28 Agustus 2021. Foto/REUTERS
A A A
TEHERAN - Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei menuduh Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden membuat tuntutan yang sama seperti Donald Trump dalam perundingan menghidupkan kembali kesepakatan nuklir.

Kesepakatan multilateral yang menawarkan pemulihan sanksi pada Iran sebagai imbalan atas pembatasan program nuklirnya dirusak keputusan Trump menarik keluar Amerika Serikat darinya pada 2018.

Putaran terakhir negosiasi antara Iran dan pihak-pihak yang tersisa dari kesepakatan untuk menghidupkan kembali kesepakatan 2015 berakhir pada Juni tanpa ada kelanjutan yang pasti.



“Pemerintahan Amerika saat ini tidak berbeda dari yang sebelumnya, karena apa yang dituntut dari Iran tentang masalah nuklir berbeda dalam kata-kata, tetapi hal yang sama yang diminta Trump,” ujar Khamenei, dikutip dari situs resminya.



“Amerika benar-benar tidak malu dengan masalah nuklir, dan meskipun mereka menarik diri dari JCPOA mereka sekarang berbicara dengan cara tertentu dan membuat tuntutan seperti (Iran) yang menarik diri,” ungkap dia, merujuk pada kesepakatan dengan nama resminya, Rencana Aksi Komprehensif Bersama (JCPOA).



Khamenei membuat pernyataan tersebut selama pertemuan dengan kabinet yang baru dibentuk Presiden Iran Ebrahim Raisi.

Setahun setelah keputusan Trump menarik diri dari kesepakatan dan menjatuhkan sanksi terhadap Iran, Teheran membalas dengan secara bertahap melepaskan sebagian besar komitmen nuklir utama berdasarkan perjanjian.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1653 seconds (0.1#10.140)