Biden kepada PM Israel: AS Punya Opsi Lain Jika Diplomasi Nuklir Iran Gagal

Sabtu, 28 Agustus 2021 - 09:46 WIB
loading...
Biden kepada PM Israel: AS Punya Opsi Lain Jika Diplomasi Nuklir Iran Gagal
Presiden AS Joe Biden bertemu dengan PM Israel Naftali Bennett. Foto/REUTERS/Jonathan Ernst
A A A
WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengatakan kepada Perdana Menteri (PM) Israel Naftali Bennett bahwa ia menempatkan "diplomasi terlebih dahulu" untuk mencoba mengendalikan program nuklir Iran .Tetapi jika negosiasi gagal, ia akan siap untuk mengubah ke opsi lain yang tidak ditentukan. Hal itu diungkapkan Biden saat bertemu dengan koleganya itu di Gedung Putih

Setelah mengalami penundaan satu hari karena bom bunuh diri yang mematikan di Kabul selama evakuasi AS yang kacau dari Afghanistan, Biden dan Bennett mengadakan pertemuan pertama mereka. Keduanya berusaha untuk mengatur ulang hubungan AS-Israel dan perbedaan sempit tentang bagaimana menangani perkembangan nuklir Iran .

Dalam pidato singkat sebelum wartawan diantar keluar dari Ruang Oval, kedua pemimpin menyinggung Iran yang menjadi salah satu masalah paling pelik antara pemerintahan Biden dan Israel.

"Kami membahas ancaman dari Iran dan komitmen kami untuk memastikan Iran tidak pernah mengembangkan senjata nuklir,” kata Biden.



“Kami mengutamakan diplomasi dan kami akan melihat ke mana itu akan membawa kami. Tetapi jika diplomasi gagal, kami siap untuk beralih ke opsi lain,” tambah Biden, tanpa memberikan penjelasan secara spesifik seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (28/8/2021).

Bennett, seorang politisi sayap kanan yang mengakhiri 12 tahun pemerintahan Netanyahu sebagai perdana menteri pada Juni lalu, diperkirakan akan menekan Biden untuk mengeraskan pendekatannya ke Iran dan mundur dari negosiasi yang bertujuan menghidupkan kembali perjanjian nuklir internasional dengan Teheran yang ditinggalkan Trump.

Negosiasi AS-Iran terhenti karena Washington menunggu langkah selanjutnya oleh presiden garis keras Iran yang baru.

"Saya senang mendengar kata-kata Anda yang jelas bahwa Iran tidak akan pernah bisa mendapatkan senjata nuklir," kata Bennett kepada Biden.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1403 seconds (0.1#10.140)