Dubes Al Busyra Paparkan Keamanan Kawasan ASEAN di Addis Ababa

Jum'at, 27 Agustus 2021 - 20:25 WIB
loading...
Dubes Al Busyra Paparkan Keamanan Kawasan ASEAN di Addis Ababa
Dubes RI untuk Ethiopia, Djibouti dan Uni Afrika, Al Busyra Basnur berbicara dalam seminar yang diselenggarakan di Addis Ababa, Ethiopia, Jumat (27/8). Foto/kbri addis ababa
A A A
ADDIS ABABA - Duta Besar (Dubes) RI untuk Ethiopia , Djibouti dan Uni Afrika, Al Busyra Basnur memaparkan upaya-upaya yang dilakukan ASEAN dalam menciptakan kawasan yang aman, damai, bebas dan netral, antara lain melalui kerangka Zone of Peace, Freedom and Neutrality (ZOPFAN) dan Treaty on the Southeast Asia Nuclear Weapon-Free Zone (SEANWFZ).

Paparan itu disampaikan di hadapan sekitar 50 orang yang terdiri dari para Duta Besar, pejabat tinggi Uni Afrika, pejabat pemerintah, akademisi, dan masyarakat madani, dalam seminar yang diselenggarakan di Addis Ababa, Ethiopia, Jumat (27/8).

Dubes Al Busyra juga menegaskan komitmen dan upaya-upaya Indonesia dalam menjaga dan memelihara keamanan di kawasan ASEAN termasuk bersama mitra ASEAN.



Dijelaskan juga tentang pentingnya tiga pilar masyarakat ASEAN, yaitu politik dan keamanan, ekonomi dan sosial budaya.



Mengutip pernyataan Menteri Luar Negeri RI, Retno LP Marsudi pada pertemuan Menlu ASEAN 2020, Dubes Al Busyra mengatakan Indonesia mengusulkan kepada para menteri luar negeri ASEAN agar ASEAN dapat mengeluarkan pernyataan bersama agar komitmen terhadap prinsip-prinsip yang termasuk dalam ZOPFAN dipertegas kembali.



Seminar diselenggarakan oleh Kedutaan Besar Kazakhstan di Addis Ababa yang menghadirkan empat Dubes asing di Ethiopia sebagai pembicara.

Selain Indonesia, empat Dubes asing lainnya adalah Dubes Barlybay Sadykov (Kazakhstan), Dubes Hans Henric Lundquist (Swedia) dan Dubes Samad Lakizadeh (Iran). Seminar diselenggarakan dalam rangka International Day Against Nuclear Test.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2281 seconds (0.1#10.140)