Anggota Kongres AS Diam-diam Terbang ke Kabul, Pentagon Murka

Rabu, 25 Agustus 2021 - 09:16 WIB
loading...
Anggota Kongres AS Diam-diam Terbang ke Kabul, Pentagon Murka
Dua anggota Kongres AS diam-diam terbang ke Kabul, Afghanistan untuk melakukan pengawasan terhadap evakuasi di negara itu. Foto/France24
A A A
WASHINGTON - Dua anggota Kongres Amerika Serikat (AS), Seth Moulton dan Peter Meijer, secara diam-diam melakukan perjalanan ke Ibu Kota Afghanistan Kabul untuk melakukan pengawasan operasi evakuasi. Aksi mereka pun memicu kemarahan dari Pentagon dan Departemen Luar Negeri AS.

"Sebagai veteran, kami sangat peduli dengan situasi di lapangan di Bandara Internasional Hamid Karzai. Amerika memiliki kewajiban moral kepada warga negara dan sekutu setia kami, dan kami harus memastikan bahwa kewajiban itu dipatuhi. Seperti banyak veteran lainnya, kami telah menghabiskan waktu terakhir. beberapa minggu bekerja tanpa tidur untuk mencoba mendapatkan sebanyak mungkin orang melalui gerbang dan ke tempat yang aman," kata anggota kongres dalam sebuah pernyataan bersama seperti dikutip dari The Hill, Rabu (25/8/2021).

Mereka melakukan perjalanan ini secara rahasia, tidak membicarakannya sampai mereka berangkat untuk meminimalkan risiko dan gangguan terhadap orang-orang di lapangan.

"Kami berada di sana untuk mengumpulkan informasi, bukan untuk pamer," katanya.



Kedua anggota Kongres AS itu menyatakan mereka duduk di kursi khusus kru sehingga kehadiran mereka tidak mengurangi jumlah kursi yang tersedia untuk orang lain. Mereka meninggalkan Afghanistan kurang dari 24 jam setelah tiba, menurut The Washington Post, yang pertama kali melaporkan perjalanan tersebut.

“Kami melakukan kunjungan ini ingin, seperti kebanyakan veteran, untuk mendorong presiden memperpanjang batas waktu 31 Agustus. Setelah berbicara dengan komandan di lapangan dan melihat situasi di sini, jelas bahwa karena kami memulai evakuasi sangat terlambat, tidak ada apa pun yang kami lakukan, kami tidak akan mengeluarkan semua orang tepat waktu, bahkan pada 11 September," tambah mereka.

Sebelumnya Moulton pada hari Selasa men-tweet foto dari bandara Kabul.

"Hari ini bersama @RepMeijer saya mengunjungi bandara Kabul untuk melakukan pengawasan terhadap evakuasi," tulisnya.

"Menyaksikan Marinir dan tentara muda kita di gerbang, menavigasi pertemuan umat manusia yang mentah dan mendalam seperti yang pernah dilihat dunia, tak terlukiskan," sambungnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1891 seconds (0.1#10.140)