Ilmuwan Rusia: Protein Kambing dan ASI Mungkin Kunci Perangi Covid-19

Jum'at, 29 Mei 2020 - 03:58 WIB
loading...
Ilmuwan Rusia: Protein Kambing dan ASI Mungkin Kunci Perangi Covid-19
Foto/Ilustrasi
A A A
MOSKOW - Virus Corona baru tampaknya tidak mudah menyerang bayi ketimbang populasi lain. Para ilmuwan Rusia menduga hal ini kemungkinan disebabkan oleh protein dalam ASI yang melindungi sistem kekebalan tubuh mereka. Saat ini, mereka mencoba mengembangkan obat baru berdasarkan dugaan itu.

"Kami telah melihat sangat sedikit kasus bayi terisolasi yang terjangkit virus Corona di antara jutaan orang yang terinfeksi," ujar Igor Goldman, seorang peneliti senior di Institute of Gene Biology (IGB) dari Akademi Ilmu Pengetahuan Rusia dalam wawancara dengan portal media News.ru.

Ia menjelaskan bahwa ini memberi timnya ide untuk mencoba laktoferin - protein yang biasanya terkandung dalam ASI yang membentuk sistem kekebalan tubuh bayi yang belum berkembang terhadap semua bakteri dan virus.

Laktoferin pada dasarnya bertindak sebagai stimulan kekebalan yang dapat sangat meningkatkan kemampuan manusia untuk memerangi virus dan bakteri, para ilmuwan percaya, tidak hanya pada bayi tetapi juga pada orang dewasa juga. Para ilmuwan Rusia telah melihat ke dalam aplikasi medis protein untuk beberapa waktu.

Bersama dengan rekan-rekannya asal Belarus, mereka mengembangkan protein yang dimodifikasi gen yang identik dengan manusia tetapi diekstraksi dari susu kambing pada tahun 2007. Protein, yang disebut neolactoferrin, dikatakan memiliki sifat anti-bakteri, anti-virus dan anti-jamur.

Protein ini juga menunjukkan kemampuan yang layak untuk menghambat aktivitas virus seperti rotavirus, hepatitis C dan HIV, sebagai bagian dari tes laboratorium. Spesialis IGB percaya protein itu bahkan bisa membantu memerangi super bakteri yang kebal terhadap antibiotik modern.

"Gagasan untuk menggunakannya melawan infeksi virus seperti Covid-19 memiliki dasar ilmiah yang berakar pada studi selama satu dekade terhadap neolaktoferin yang dilakukan bersama dengan Institut Imunologi (Rusia)," kata Goldman yang dinukil dari Russia Today, Jumat (29/5/2020).

Sekarang, para ilmuwan percaya bahwa protein dapat merangsang imunitas adaptif pada orang yang menderita Covid-19, mengurangi tingkat keparahan gejala mereka. Protein itu juga secara teoritis dapat melindungi orang yang sehat terhadap infeksi dan berpotensi bertindak serupa dengan vaksin. Ini karena laktoferin biasanya mencegah virus menempel pada sel dan bereproduksi.

Para ilmuwan percaya, irigasi oral dengan cairan yang mengandung neolactoferrin bisa menjadi penghalang yang efektif terhadap virus, sementara pil dengan protein itu bisa mencegah perkembangan komplikasi bakteri.

"Masih terlalu dini untuk mengatakan seberapa efektif obat baru itu dalam perang melawan virus corona," kata ahli imunologi Vladimir Bolibok memperingatkan.

Di Rusia sendiri, sejauh ini para pengembang obat telah mengirim beberapa sampel uji obat baru untuk uji coba awal, yang mendapat dukungan dari Badan Medis dan Biologi Federal Rusia - sebuah badan kesehatan publik nasional dari Kementerian Kesehatan negara itu.
(ber)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1842 seconds (0.1#10.140)