Terus Berinovasi, KJRI New York Manfaatkan Media Sosial untuk Gapai WNI

Senin, 02 Agustus 2021 - 07:19 WIB
loading...
Terus Berinovasi, KJRI New York Manfaatkan Media Sosial untuk Gapai WNI
KJRI New York turut menggunakan media sosial, bukan hanya untuk menyampaikan program, tapi juga untuk mempermudah pekerjaan, khususnya dalam perlindungan WNI. Foto/Sindonews
A A A
NEW YORK - Saat ini, media sosial menjadi salah satu medium baru yang digunakan baik oleh individu ataupun instansi dan korporat untuk mempromosikan diri atau menyampaikan program-program mereka. Konsulat Jenderal Indonesia (KJRI) New York , Amerika Serikat (AS) tidak ketinggalan untuk turut menggunakan media sosial, bukan hanya untuk menyampaikan program, tapi juga untuk “mempermudah” pekerjaan mereka, khususnya dalam perlindungan warga negara Indonesia.

Konsul Jenderal Indonesia di New York, Arifi Saiman saat melakukan wawancara dengan Sindonews menuturkan pemanfaatan platform media sosial untuk mendukung pelaksanaan misi perwakilan di lingkungan KJRI New York sejatinyatelah lama hadir seiring dengan kehadiran sarana media sosial website dan e-mail.

Dia mengatakan, website KJRI New York yang lamannya dapat diakses di www.kemlu.go.id/newyork secara desain situs web mengikuti tema dari website Kementerian Luar Negeri RI. Namun, ujarnya, secara konten situs web KJRI New York bermaterikan kegiatan-kegiatan di lingkungan kerja mereka yang membawahi 15 negara bagian wilayah kerja, yaitu Maine, New Hampshire, Vermont, Massachusetts, Rhode Island, Connecticut, New Jersey, New York, Pennsylvania, Delaware, Maryland, Virginia, West Virginia, North Carolina, dan South Carolina.

“Selain website dan email, KJRI New York juga memanfaatkan platform media sosial yang lain, seperti Facebook, Whatsapp, Instagram (IG), Twitter, dan Youtube,” ucapnya kepada Sindonews.

Terus Berinovasi, KJRI New York Manfaatkan Media Sosial untuk Gapai WNI


Namun, dia mengakui bahwa baru pada bulan Februari 2021 KJRI New York mulai memanfaatkan IG Live dengan tagline “IG Live: KJRI New York Menyapa”. Selain itu, ujarnya, KJRI juga melakukan pengembangan konten Youtube dari konten konvensional berupa tayangan video kegiatan perwakilan menjadi konten kekinian berupa Youtube Channel dengan varian playlist khusus, di antaranya varian playlist yang bermaterikan dialog berbasis Podcast yang mulai mewarnai program media sosial KJRI New York pada bulan April 2021

Khusus Whatsapp, Arifi menuturkan bahwa KJRI New York telah memanfaatkannya secara optimal dalam bentuk Whatsapp Group (WAG) untuk sarana komunikasi interaktif dengan warga masyarakat Indonesia di wilayah kerja mereka melalui WAG “KJRI New York Peduli”, khususnya selama masa pandemi.

“Selain WAG “KJRI New York Peduli”, KJRI New York juga memanfaatkan WAG sebagai forum komunikasi keseharian dengan warga masyarakat Indonesia di wilayah kerja KJRI New York yang bersifat lintas generasi dan profesi, seperti WAG Forum Komunikasi Seniors (Lansia) East Coast (Forkom SEC), WAG Forum Komunikasi Masjid dan Kelompok Pengajian Indonesia (Forkom MKPI), WAG Forkom Pegiat Fesyen East Coast (Forkom PFEC), dan WAG Forum Komunikasi Komunitas Dangdut Amerika Serikat (Forkom KDAS),” ucapnya.

“Keberadaan WAG sebagai forum komunikasi ini sangat efektif dan efisien dalam membantu pelaksanaan misi perwakilan khususnya dalam konteks pembinaan dan perlindungan warga masyarakat Indonesia di wilayah kerja KJRI New York,” papar Arifi.

Terus Berinovasi, KJRI New York Manfaatkan Media Sosial untuk Gapai WNI
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1748 seconds (0.1#10.140)