Maroko Tangkap Aktivis Uighur Atas Permintaan China

Rabu, 28 Juli 2021 - 09:43 WIB
loading...
Maroko Tangkap Aktivis Uighur Atas Permintaan China
Maroko dilaporkan telah menangkap seorang aktivis Uighur, Yidiresi Aishan, atas permintaan China melalui red notice Interpol. Foto/Independent
A A A
RABAT - Pihak berwenang Maroko telah menangkap seorang aktivis Uighur di pengasingan berdasarkan surat perintah terorisme China yang didistribusikan oleh Interpol . Begitu informasi dari polisi Maroko dan kelompok hak asasi manusia yang melacak orang-orang yang ditahan oleh China.

Aktivis khawatir Yidiresi Aishan akan diekstradisi ke China, dan mengatakan penangkapan itu didorong oleh politik serta bagian dari kampanye China yang lebih luas untuk memburu pembangkang yang dianggap di luar perbatasannya.

Direktorat Jenderal Keamanan Nasional Maroko mengatakan bahwa seorang warga negara China ditangkap setelah mendarat di Bandara Internasional Mohammed V di Casablanca pada 20 Juli, setibanya dari Istanbul.

"Dia menjadi subjek red notice yang dikeluarkan oleh Interpol karena dicurigai memiliki organisasi dalam daftar organisasi teroris," kata direktorat tersebut seperti dikutip dari AP, Rabu (28/7/2021).



Direktorat tersebut mengatakan red notice – setara dengan dimasukkan ke dalam daftar paling dicari Interpol – dikeluarkan atas permintaan China, yang berusaha untuk ekstradisinya. Dikatakan pihak berwenang Maroko memberi tahu Interpol dan pihak berwenang China tentang penangkapan itu, dan warga negara China itu dirujuk ke jaksa sambil menunggu prosedur ekstradisi.

Polisi Maroko tidak secara terbuka menyebutkan nama pria yang ditangkap, tetapi organisasi non-pemerintah Safeguard Defenders mengidentifikasinya sebagai Aishan. Kelompok ini mengkhususkan diri dalam kasus-kasus orang yang ditahan oleh China.

Aishan, seorang insinyur komputer berusia 33 tahun dan ayah dari tiga anak, telah tinggal di Turki sejak 2012, di mana ia bekerja sebagai perancang web dan aktivis serta memiliki dokumen residensi, menurut teman dan koleganya, Abduweli Ayup. Aishan bekerja di surat kabar online diaspora Uighur dan membantu aktivis lain dalam penjangkauan media dan mengumpulkan kesaksian pelecehan di provinsi Xinjiang China.

Ayup mengatakan setelah penangkapan berulang kali di Turki, Aishan meninggalkan Istanbul menuju Casablanca pada malam 19 Juli. Aishan menelepon istrinya pada hari Sabtu dan mengatakan dia dideportasi, menurut Ayup, yang berhubungan dengan keluarga Aishan. Tuduhan yang tepat terhadapnya tidak diketahui.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1275 seconds (0.1#10.140)