Pasukan Afghanistan Hancurkan Taliban di Dekat Perbatasan Tajikistan

Selasa, 27 Juli 2021 - 22:33 WIB
loading...
Pasukan Afghanistan Hancurkan Taliban di Dekat Perbatasan Tajikistan
Pasukan Afghanistan dilaporkan berhasil menghancurkan Taliban di dekat perbatasan Tajikistan dan Uzbekistan. Foto/Ilustrasi
A A A
KABUL - Pasukan keamanan Afghanistan yang didukung oleh penduduk setempat telah mengusir Taliban keluar dari distrik Kaldar, daerah strategis di wilayah perbatasan utara Balkh. Wilayah ini berbatasan dengan Uzbekistan dan Tajikistan .

Distrik, yang membentang di sepanjang Sungai Amu, dikatakan telah jatuh ke tangan Taliban sebulan yang lalu, dan berisi kota Hairatan, sebuah pemukiman perbatasan strategis yang berfungsi sebagai rute utama untuk perdagangan bolak-balik antara Afghanistan dan Uzbekistan.

Operasi untuk membebaskan Kaldar berlangsung Senin pagi, dengan pasukan keamanan bekerja sama dengan penduduk setempat untuk mendorong kelompok militan tersebut keluar dari daerah itu. Sekitar 20 gerilyawan dikatakan telah tewas dan puluhan lainnya terluka dalam operasi tersebut.

Kembalinya distrik ke kendali pemerintah terjadi di tengah bentrokan yang sedang berlangsung di dekat pusat provinsi Faryab dan Takhar, yang juga terletak di utara negara itu, dan di Ghazni di selatan negara itu.

Daerah Faryab, termasuk kota Maimana, menyaksikan pertempuran sengit selama akhir pekan, dengan Taliban telah menggunakan mortir dan artileri roket untuk menyerang sasaran pemerintah. Sedikitnya 16 orang, termasuk tiga warga sipil, dilaporkan tewas dalam serangan di Maimana.



"Kami mengalami bentrokan di 25 provinsi di mana pasukan Afghanistan membuat kemajuan," kata juru bicara Pasukan Keamanan Nasional Afghanistan Ajmal Omar Shinwari dalam sebuah pernyataan kepada wartawan seperti dikutip dari Sputnik, Selasa (27/7/2021).

Jenderal itu mengatakan sekitar 1.500 pejuang Taliban telah tewas dan lebih dari 800 terluka dalam serangan pemerintah Afghanistan minggu ini. Namun Taliban telah menolak klain ini.

Gubernur Balkh Adil Shah Adil memuji pasukan keamanan Afghanistan karena membuat kemajuan yang baik, dan mengatakan pemerintah akan melakukan upaya untuk melindungi warga sipil.

Dalam menghadapi serangan Taliban di sebagian besar negara, Angkatan Darat Afghanistan telah menikmati keberhasilan dengan pengerahan unit pasukan khusus yang sangat mobile untuk mengambil dan menguasai daerah-daerah strategis utama. Dibandingkan dengan formasi tentara reguler, unit-unit ini dipersenjatai dan diperlengkapi dengan lebih baik dan kecil kemungkinannya untuk membelot atau bubar dalam menghadapi serangan Taliban.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1922 seconds (0.1#10.140)