Venezuela Marah Jet Militer Amerika Serikat Langgar Wilayah Udaranya

Sabtu, 24 Juli 2021 - 18:01 WIB
loading...
Venezuela Marah Jet Militer Amerika Serikat Langgar Wilayah Udaranya
Pesawat pengangkut militer berat tipe C-17 milik Amerika Serikat. Foto/REUTERS
A A A
CARACAS - Venezuela menuduh Amerika Serikat (AS) melanggar wilayah udaranya, dalam apa yang disebut sebagai "provokasi terang-terangan".

Venezuela memperingatkan pihaknya akan "menanggapi dengan paksa" setiap manuver yang dilihatnya sebagai tindakan agresi.

Insiden itu terjadi ketika militer Kolombia dan AS terlibat latihan di dekat garis pantai Karibia Venezuela.



"Pesawat pengangkut militer berat tipe C-17 AS menyeberang ke wilayah udaranya pada Kamis malam dalam periode tiga menit, melakukan perjalanan sekitar 14 mil laut," ungkap pernyataan Kementerian Pertahanan (Kemhan) Venezuela.



“Provokasi terang-terangan ini terjadi selama latihan militer gabungan oleh Angkatan Udara Kolombia dan Angkatan Darat di Departemen Antioquia dan Cundinamarca, di mana ada juga kehadiran jet tempur F-16 dan RC135 Amerika untuk eksplorasi strategis,” papar pernyataan Kemhan Venezuela.



Pada 16 Juli, Angkatan Udara Kolombia melaporkan latihan militer bersama dengan Amerika Serikat dengan tujuan meningkatkan interoperabilitas dengan negara-negara sekutu.

"Kami menyadari sebagai bagian dari latihan yang disebutkan di atas, tugas pengintaian sedang dilakukan terhadap ruang geografis Venezuela, itulah sebabnya kami tidak mengesampingkan kemungkinan tindakan bermusuhan lainnya terhadap kedaulatan dan integritas teritorial kami," ungkap pemerintah Venezuela.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1765 seconds (0.1#10.140)