India Catat Kasus Pertama Kematian Manusia akibat Virus Flu Burung

Kamis, 22 Juli 2021 - 14:01 WIB
loading...
India Catat Kasus Pertama Kematian Manusia akibat Virus Flu Burung
Petugas memeriksa kesehatan unggas di peternakan ayam. Foto/REUTERS
A A A
NEW DELHI - Seorang anak laki-laki berusia 11 tahun dari negara bagian Haryana, India , meninggal karena virus flu burung dari jenis H5N1.

Ini menjadi kematian pertama akibat flu burung di negara itu, berdasarkan pernyataan resmi pemerintah India.

Bocah itu meninggal karena disfungsi multi-organ pada 12 Juli, di All-India Institute of Medical Sciences (AIIMS), New Delhi, tempat dia dirawat sejak 2 Juli.



Pernyataan yang dikeluarkan Kementerian Kesehatan India menyebutkan kasus tersebut telah dilaporkan ke Dinas Peternakan, dan tim ahli sedang melakukan pengkajian epidemiologi di AIIMS.



Tim dokter dan perawat yang merawat pasien itu telah dipantau sejak 16 Juli untuk perkembangan penyakit seperti influenza. “Pihak berwenang telah meluncurkan pelacakan kontak,” ungkap pernyataan pemerintah India itu.



“Sejauh ini, tidak ada kontak dekat yang dilaporkan bergejala. Tidak ada individu yang bergejala di daerah tersebut saat ini,” papar Kementerian Kesehatan.

Di Haryana, negara bagian asal bocah itu di utara India, Departemen Peternakan belum menemukan kasus flu burung dan telah meningkatkan pengawasan di zona 10 km sebagai tindakan pencegahan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1355 seconds (0.1#10.140)