Tegangnya Laut China Selatan, Dua Bomber AS lalu Kapal Induk China....

Kamis, 28 Mei 2020 - 05:48 WIB
loading...
Tegangnya Laut China Selatan, Dua Bomber AS lalu Kapal Induk China....
Dua pesawat pembom B-1B Lancer Amerika Serikat saat patroli di atas Laut China Selatan, Selasa (26/5/2020). Foto/River Bruceu/US Air Force
A A A
JAKARTA - Angkatan Udara Amerika Serikat (AS) pada Rabu mengumumkan dua pesawat pembom (bomber) B-1B Lancer yang berbasis di Guam sudah melakukan patroli di atas Laut China Selatan. Pada hari yang sama, dua kapal induk China meninggalkan pelabuhan untuk melakukan latihan perang di kawasan laut yang jadi sengketa tersebut.

Patroli dua pembom Lancer B-1B Amerika berlangsung hari Selasa. Ini adalah manuver terbaru dalam peningkatan jumlah demonstrasi militer AS di wilayah tersebut.

"Kedua pembom menerbangkan misi untuk mendemonstrasikan kemampuan Angkatan Udara untuk beroperasi di mana pun hukum internasional mengizinkan, pada waktu dan tempo yang kita pilih," kata Pasukan Udara Pasifik AS melalui Twitter, seperti dikutip Star and Stripes, Kamis (28/5/2020).

Sementara itu, Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat (PLA-N) China sedang mempersiapkan latihan perang yang melibatkan dua kapal induk di Laut China Selatan. Ini akan menjadi latihan tempur pertama bagi China yang melibatkan dua kapal induk sekaligus. (Baca: Perintah Xi Jinping: Militer China Siap Perang! )

Menurut laporan South China Morning Post, kapal Liaoning dan kapal Shandong telah melakukan pelatihan kesiapan tempur di Laut Kuning bulan ini menjelang penempatan.

"Kelompok tempur kapal induk akan melewati Kepulauan Pratas dalam perjalanan ke lokasi latihan di tenggara Taiwan di Laut Filipina," bunyi laporan itu, mengutip sumber militer China tanpa merinci tanggal latihan tempur.

Tidak jelas apakah Liaoning atau Shandong atau kedua-keduanya yang melanjutkan latihan di tenggara Taiwan, Laut China Selatan. Tanggal pasti manuver kapal raksasa itu juga tidak diungkap.

Mail Online yang berbasis di Inggris melaporkan pada Selasa lalu bahwa rencana untuk mengerahkan kapal induk menjadi kekhawatiran akan terjadinya invasi Taiwan setelah Menteri Luar Negeri China Wang Yi mengatakan kepada kekuatan politik di AS mengambil hubungan China-AS sebagai sandera dan mendorong kedua negara ke ambang Perang Dingin baru.

"Penyebaran dua kapal induk oleh China akan lebih simbolis daripada substantif," kata Paul Buchanan, seorang analis keamanan Amerika yang berbasis di Auckland, Selandia Baru, Rabu. Dia mencatat bahwa Beijing tidak memiliki banyak pengalaman dalam operasi kapal induk. (Baca juga: Seteru China-AS Kian Memanas, Beijing Bersiap Kerahkan 2 Kapal Induk )

“Mereka melakukan postur yang cukup berat,” katanya, seraya menambahkan bahwa latihan semacam itu akan mengasah pengalaman operasional para awak.

"Saya membayangkan AS akan mencermati. Tentu saja, orang Taiwan juga akan melakukannya. Semua negara yang berbatasan dengan Laut China Selatan akan duduk dan memerhatikan tetapi mereka akan tahu ini lebih merupakan tampilan daripada yang lainnya."

Buchanan mengatakan latihan tempur Beijing merupakan tantangan langsung bagi supremasi AS di Laut China Selatan.

"AS memindahkan kapal induknya ke sana sesuka hati tetapi sekarang memiliki pesaing yang serius untuk naik takhta," katanya.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0939 seconds (0.1#10.140)