Seorang Miliarder Israel Didakwa Sekongkol dengan Agen Intelijen Iran

Selasa, 13 Juli 2021 - 07:11 WIB
loading...
Seorang Miliarder Israel Didakwa Sekongkol dengan Agen Intelijen Iran
Yaqoub Abu al-Qiaan, miliarder Israel yang didakwa kontak dan sekongkol dengan agen intelijen Iran. Foto/Israel Hayom/Dudu Grunshpan
A A A
TEL AVIV - Seorang miliarder Israel didakwa melakukan kontak dan bersekongkol dengan agen intelijen Iran . Selama kontak itu, dia berbagi informasi termasuk tentang pasukan keamanan negaranya.

Yaqoub Abu al-Qia'an dikenal sebagai raja konstruksi Israel dari komunitas Badui.



Miliarder yang menjadi pusat investigasi terbaru Shin Bet tersebut pernah menjadi kandidat anggota Knesset atau Parlemen. Dia juga pernah dianggap sebagaipesaing oleh mantan Menteri Pertahanan Israel Moshe Ya'alon pada 2019.

Yaqoub Abu al-Qia'an pada hari Senin didakwa menyampaikan informasi kepada pejabat intelijen Iran yang merinci aspek-aspek tertentu dari negara Israel. Dia didakwa di Pengadilan DistrikAshkelon di Beersheba, yang secara khusus didakwa melakukan kontak dengan agen asing dan mengungkapkan informasi kepada musuh negara.

Dinas keamanan Shin Bet merinci kasus ini setelah perintah pembungkaman atas kasus tersebut dicabut sebagian. Menurut rincian dari Shin Bet, Abu al-Qia'an diduga terus berhubungan dengan Haidar al-Mashhadani, seorang pria Lebanon-Irak yang bertindak sebagai perantara otoritas intelijen Iran.

Laporan lain dari media Israel menyatakan informasi yang diserahkan ke agen intelijen Iran sebenarnya bukan informasi rahasia. Bahkan, diyakini bahwa data intelijen yang disetor Abu al-Qia'an adalah informasi yang tersedia untuk umum.

Mengutip Channel 12, data intelijen yang diberikan miliarder itu “tidak bernilai”, dan itu merinci pergerakan Menteri Pertahanan Israel Benny Gantz—informasi yang sudah tersedia untuk umum.

Saat ini tidak jelas berapa lama Abu al-Qia'an mempertahankan kontaknya dengan al-Mashhadani, seberapa sering percakapan keduanya, serta siapa pejabat Iran yang menerima pembaruan informasi dari sang miliarder.

Sepak terjang Abu al-Qia'an dilaporkan terkait dengan minat sang miliarder dalam memperluas peluang bisnisnya sendiri.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1845 seconds (0.1#10.140)