Bertemu di Jakarta, Menlu RI dan Rusia Bahas Rencana Kunjungan Putin

Selasa, 06 Juli 2021 - 15:11 WIB
loading...
Bertemu di Jakarta, Menlu RI dan Rusia Bahas Rencana Kunjungan Putin
Rencana kunjungan Presiden Rusia Vladimir Putin ke Jakarta menjadi salah satu pembahasan dalam pertemuan Menlu Rusia Sergei Lavrov dan Menlu RI Retno Marsudi. Foto/Kemlu RI
A A A
JAKARTA - Rencana kunjungan Presiden Rusia , Vladimir Putin ke Jakarta menjadi salah satu pembahasan dalam pertemuan Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov dan Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi. Keduanya melakukan pertemuan di Gedung Pancasila, Jakarta.

"Kami terus membahas persiapan kunjungan yang diusulkan Presiden Putin ke Indonesia, sambil menunggu waktu yang tepat untuk melakukan kunjungan," ucap Retno.

"Kami berharap dalam kunjungan Presiden Putin kedua negara dapat menandatangani Perjanjian Kemitraan Strategis antara Indonesia dan Rusia. Perjanjian ini akan menciptakan landasan baru dan kuat untuk meningkatkan hubungan kedua negara," sambungnya, pada Selasa (6/7/2021).

Dia kemudian menuturkan, dalam pertemuan dengan Lavrov, turut dibahas secara singkat kerjasama di bidang keamanan. Di mana, Retno menekankan pentingnya kerja sama di bidang keamanan siber.

"Kami telah selesai membahas dua dokumen kerjasama di bidang ini, yaitu, Pernyataan Bersama Kepala Negara tentang masalah ini dan Perjanjian tentang Keamanan Informasi Internasional," ujarnya.

Selain itu, ungkap Retno, dia dan Lavrov juga membahas mengenai mahasiswa Indonesia yang berkuliah di Rusia. Retno menyampaikan apresiasi atas dukungan Rusia untuk melindungi kesehatan dan kesejahteraan mahasiswa, dan warga negara Indonesia di Rusia.

"Saya juga menyampaikan permintaan akses ratusan mahasiswa Indonesia ke Rusia tentunya dengan mematuhi protokol kesehatan yang ketat. Saya juga menyambut baik tawaran Rusia untuk kerjasama pendidikan diplomatik untuk tahun 2022," tukasnya.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1730 seconds (0.1#10.140)