Israel Tuding Iran Pelaku Penyerangan Kapal Kargo di Samudra Hindia

Minggu, 04 Juli 2021 - 11:00 WIB
loading...
Israel Tuding Iran Pelaku Penyerangan Kapal Kargo di Samudra Hindia
Israel menuding Iran dalang serangan kapal kargo di Samudra Hindia. Foto/Kolase/Sindonews
A A A
TEL AVIV - Para pejabat pertahanan Israel tengah memeriksa kemungkinan pasukan Iran berada di balik serangan terhadap sebuah kapal kargo di Samudra Hindia . Kapal kargo yang sebagian kepemilikannya berada di bawah Israel itu diserang dalam perjalanan dari Jeddah ke Uni Emirat Arab (UEA).

Insiden tersebut dilaporkan oleh stasiun televisi pro-Iran Lebanon Al Mayadeen.

"Para awak tidak terluka dan kapal itu, kemungkinan terkena rudal, tidak rusak parah dan melanjutkan perjalanannya setelah insiden itu," lapor stasiun televisi N12 Israel, mengutip sumber-sumber yang tidak disebutkan namanya di dalam lembaga pertahanan Israel.

N12 mengatakan kapal itu, Tyndall, dimiliki oleh Zodiac Maritime Ltd, sebuah perusahaan manajemen kapal internasional yang berkantor pusat di London yang kemudian mengatakan tidak memiliki atau mengelola CSAV Tyndall.

Data pelacakan kapal dari Refinitiv Eikon menunjukkan kapal kontainer CSAV Tyndall, yang berlayar di bawah bendera Liberia, terakhir berlabuh di Jeddah dan sekarang berada di lepas pantai Dubai.

Seorang juru bicara pemerintah UEA tidak menanggapi permintaan komentar. Sedangkan para pejabat Israel tidak segera berkomentar.

Media Iran secara luas melaporkan serangan itu, mengutip Al Mayadeen, yang merupakan salah satu outlet berita pertama yang melaporkan serangan terhadap kapal komersial milik sebuah perusahaan Israel pada bulan April lalu.



Kapal angkatan laut terbesar Iran tenggelam pada awal Juni setelah terbakar di Teluk Oman, dalam apa yang tampaknya menjadi insiden terbaru di wilayah perairan sensitif, di mana musuh bebuyutan Iran dan Israel telah bertukar tuduhan serangan terhadap kapal masing-masing.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1890 seconds (0.1#10.140)