Rusia Berhasil Luncurkan Rudal Balistik Antarbenua Kedr Terbaru

Selasa, 29 Juni 2021 - 07:44 WIB
loading...
Rusia Berhasil Luncurkan Rudal Balistik Antarbenua Kedr Terbaru
Rusia menguji coba peluncuran rudal balistik antarbenua Kedr. Foto/Ilustrasi National Interest
A A A
MOSKOW - Rusia berhasil melakukan uji coba peluncuran rudal balistik antarbenua (ICBM) terbaru. Misil yang dikembangkan sendiri itu diluncurkan dari kosmodrom Plesetsk di barat laut negara itu.

Kantor berita pemerintah, TASS, mengutip sumber di industri pertahanan setempat pada Senin (28/6/2021) melaporkan uji peluncuran ICBM tersebut. Nama ICBM yang diuji coba adalah Kedr.

Baca juga: Presiden Ceko Milos Zeman: Orang-orang Transgender Itu Menjijikkan

Sumber itu mengatakan uji peluncuran misil berlangsung pada pertengahan Juni. Rudal tersebut dikembangkan oleh Moscow Institute of Thermal Technology (MITT) yang merupakan bagian dari perusahaan luar angkasa negara Roscosmos.

"Pada pertengahan Juni, rudal balistik unik terbaru yang dikembangkan oleh Moscow Institute of Thermal Technology (MITT) berhasil diluncurkan dari pelabuhan antariksa Plesetsk," kata sumber di industri pertahanan Rusia.

MITT belum bersedia memberikan komentar resmi perihal ICBM terbaru yang diuji coba.

Lembaga tersebut mulai mengembangkan modifikasi generasi baru ICBM Kedr berbasis silo dan mobile, serta berbahan bakar padat sebagai bagian dari upaya peningkatan persenjataan strategis negara.

Baca juga: Kisah Gadis Palestina Disiksa 33 Hari di Penjara Israel

Menurut laporan sebelumnya, rencana pemerintah untuk memulai pengembangan teknologi pada 2023-2024. Pekerjaan penelitian dan pengembangan (R&D) pada Kedr telah dibiayai di bawah program pengadaan senjata negara, yang akan berjalan hingga 2027.

MITT telah mengembangkan rudal Topol, Topol-M, Yars dan Bulava Rusia, sedangkan rudal Kedr diharapkan dapat menggantikan sistem Yars pada akhir tahun 2030.
(min)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1424 seconds (11.210#12.26)