Iran: Era Kehadiran Pasukan AS di Teluk Persia akan Berakhir

Selasa, 26 Mei 2020 - 15:41 WIB
loading...
Iran: Era Kehadiran Pasukan AS di Teluk Persia akan Berakhir
Wakil komandan Garda Revolusi Iran (IRGC), Jenderal Yadollah Javani telah menyatakan bahwa era kehadiran Amerika Serikat (AS) di Teluk Persia akan segera berakhir. Foto/REUTERS
A A A
TEHERAN - Wakil komandan Garda Revolusi Iran (IRGC), Jenderal Yadollah Javani telah menyatakan bahwa era kehadiran Amerika Serikat (AS) di Teluk Persia akan segera berakhir. Dia menekankan bahwa Iran dan negara-negara lain di kawasan itu sudah sangat mampu memastikan keamanan Teluk dan karenanya kehadiran militer Amerika tidak lagi diperlukan.

"Negara-negara kawasan dapat menciptakan keamanan berkelanjutan di kawasan itu sendiri melalui sinergi dan tanpa AS," kata Javani dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Sputnik pada Selasa (26/5/2020).

Javani kemudian mencatat bahwa AS tidak lagi dapat dianggap sekuat dulu, sementara Iran telah sangat meningkatkan posisi dan kekuatan regionalnya.

"Iran sekarang merupakan kekuatan regional yang mapan dan berubah menjadi kekuatan global. Hari ini, AS tidak lagi sekuat masa lalu dan tidak bisa memaksakan kehendaknya pada orang lain," ungkapnya.

Pernyataan ini datang di tengah terus memburuknya hubungan Iran dan AS, setelah kedua negara saling melemparkan serangan verbal. Pekan lalu, Komando Pusat Angkatan Laut AS yang bermarkas di Bahrain memperingatkan para pelaut Iran untuk menjauh dari kapal perang AS.

Mereka mengatakan, peringatan itu dirancang untuk meningkatkan keselamatan, meminimalkan ambiguitas, dan mengurangi risiko salah perhitungan. Komando Pusat Angkatan Laut AS mengutip sebuah insiden bulan lalu di mana 11 kapal Iran mendekati kapal Angkatan Laut AS di Teluk Omna, dalam apa yang oleh militer AS disebut perilaku berbahaya dan provokatif.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1468 seconds (0.1#10.140)