Israel Nekat Akan Pawai Bendera di Yerusalem, Iron Dome Siaga

loading...
Israel Nekat Akan Pawai Bendera di Yerusalem, Iron Dome Siaga
Seorang tentara Israel siaga di dekat sistem pertahanan rudal Iron Dome. Foto/REUTERS
YERUSALEM - Pemerintah Israel mengizinkan "March of the Flags [Pawai Bendera]" di Yerusalem pada Selasa (15/6/2021) meski kelompok Hamas di Gaza, Palestina, telah membuat ancaman. Untuk mengantisipasi serangan roket dari Gaza, militer Zionis menyiagakan sistem pertahanan rudal Iron Dome .

Pawai Bendera dijadwalkan digelar setiap tahun untuk memperingati Jerusalem Day [Hari Yerusalem] versi Zionis yang jatuh pada 10 Mei. Pawai ini biasanya ditandai dengan aksi massa berjalan kaki membawa bendera David Star atau Bintang Daud mengelilingi Yerusalem.

Baca juga: Sehebat-hebatnya Iron Dome Israel, Bobol Juga oleh Rudal Sijeel Hamas

Pawai untuk menandai direbutnya Yerusalem oleh Zionis dalam Perang Enam Hari 1967 seharusnya digelar 10 Mei lalu, namun dibatalkan karena militer Zionis dan Hamas terlibat perang.

Sistem Iron Dome disiagakan karena roket-roket asal Gaza menghujani Yerusalem—yang dijadikan Ibu Kota Israel—dalam perang 11 hari pada Mei lalu. Itu menandai yang pertama kali Yerusalem dihantam roket.

Sekitar 2.000 personel Pasukan Polisi Perbatasan Israel, seperti dilaporkan Jerusalem Post, telah diperkuat di Kota Tua Yerusalem dan Pasukan Pertahanan Israel (IDF) telah melakukan penilaian situasional yang sedang berlangsung dengan badan keamanan lainnya menjelang pawai yang direncanakan.



Menurut sumber keamanan yang dikutip oleh Walla News, IDF akan meningkatkan pasukan di dekat area gesekan yang diketahui di Tepi Barat karena takut akan potensi serangan dan juga akan meningkatkan tingkat kesiagaan untuk baterai Iron Dome karena ancaman Hamas untuk menanggapi Pawai Bendera di Yerusalem.

Menteri Keamanan Publik yang akan dilantik, Omer Barlev, bertemu pada Senin pagi dengan Komisaris Polisi Kobi Shabati dan menerima gambaran tentang persiapan polisi untuk pawai yang kemungkinan berlangsung sore hari.

Penilaian situasional akan menjadi dasar apakah akan mengadakan rapat kabinet keamanan Israel atau tidak.
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top