Foto-foto Bocor, Misteri Kapal Induk Type 003 China Mulai Terkuak

loading...
Foto-foto Bocor, Misteri Kapal Induk Type 003 China Mulai Terkuak
Sejumlah foto memperlihatkan bentuk kapal induk Type 003 China. Foto/Twitter
BEIJING - Teka teki terkait kapal induk baru China sedikit demi sedikit mulai terkuak. Terbaru, sejumlah foto terkait kapal induk yang diberinama Type 003 itu beredar di dunia maya.

Berdasarkan foto-foto tersebut, kapal induk tersebut mulai terbentuk di Galangan Kapal Jiangnan, Shanghai. Foto-foto yang dikumpulkan dari media sosial China dan diposting di Twitter oleh pakar militer China, Andreas Rupprecht, mengisyaratkan apa yang telah lama diharapkan dari kapal baru ini yaitu akan menjadi langkah maju bagi program kapal induk negara itu: menjadi flat top modern pertama di negara itu.



Meski sejumlah bagian masih menjadi misteri, tetapi semakin banyak foto yang beredar semakin memberikan gambaran yang lebih jelas tentang bagaimana pembuatan kapal baru ini.

Beberapa pengamat sudah mulai mencari tahu seperti apa sebenarnya kapal induk itu berdasarkan gambar konstruksi yang sedang berlangsung, meskipun para ahli menilai masih terlalu dini untuk mengatakannya.

Matthew Funaiole, seorang rekan senior dan pakar China di Pusat Studi Strategis dan Internasional, melihat citra satelit dari upaya konstruksi di Jiangnan minggu ini.

"Mereka masih belum menempatkan pulau pada tempatnya. Mereka masih bekerja di dek penerbangan. Masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan," jelasnya, menambahkan beberapa hal terkait kapal ini mulai menjadi lebih jelas seperti dikutip dari Business Insider, Jumat (11/6/2021).

Kapal baru ini terlihat lebih besar dari dua kapal induk pertama, memberi China kemampuan untuk menurunkan sayap udara yang lebih besar dan lebih beragam, langkah yang diperlukan saat China bekerja untuk membangun angkatan laut modern yang mampu memproyeksikan kekuatan lebih jauh dari pantainya.

Dia mengatakan bahwa gambar yang dia lihat tidak menunjukkan sistem ketapel yang jelas, tetapi ada harapan kapal akan memilikinya, mungkin sistem peluncuran pesawat elektromagnetik canggih (EMALS) seperti kapal induk kelas Ford baru Angkatan Laut Amerika Serikat (AS).



Baca juga: Terungkap, Kapal Induk Type 003 China Nyaris Sebanding Kapal Induk Terbaru AS

"Mereka masih bekerja di bagian depan kapal," kata Funaiole.

"Kemungkinan besar kapal akan memiliki beberapa jenis sistem ketapel. Kami masih mencoba mencari tahu seperti apa bentuknya, tetapi sulit membayangkannya tanpa sistem ketapel," sambungnya.

"Tidak masuk akal, sejauh apa yang ingin dilakukan China dengan program kapal induknya, untuk memiliki kapal induk gaya ski-ramp lainnya," ucapnya.

"Mereka sekarang berada di tempat di mana mereka memahami bagaimana membangun kapal induk, tetapi mencari tahu sisi penerbangan angkatan lautnya masih merupakan area di mana China masih memiliki beberapa hal yang tidak diketahui," kata Funaiole, menjelaskan bahwa kemungkinan China akan menjelajahi semua opsi yang tersedia untuk mencari tahu apa yang paling berhasil.

Konstruksi kapal induk Type 003 dimulai pada 2018. Tahun berikutnya, Pentagon merilis penilaian proyek, menulis bahwa kapal itu kemungkinan akan lebih besar dari dua kapal induk sebelumnya dan dilengkapi dengan sistem peluncur ketapel.

“Desain ini akan memungkinkannya untuk mendukung pesawat tempur tambahan, pesawat peringatan dini sayap tetap, dan operasi penerbangan yang lebih cepat,” kata laporan departemen tersebut.

Menurut Pentagon, China memiliki angkatan laut terbesar di dunia dan sedang membangun kapal baru lebih cepat daripada negara lain. Tapi China masih belajar apa artinya memiliki kekuatan angkatan laut yang besar.

Baca juga: Kapal Induk China Rampungkan Latihan Perang di Laut China Selatan

Pentagon tahun laluu mengatakan, dalam penilaian tahunan terbaru tentang kekuatan militer China, bahwa kapal induk ketiga China kemungkinan akan beroperasi pada tahun 2024, dengan kapal induk tambahan menyusul.
(ian)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top