Foto-foto Bocor, Misteri Kapal Induk Type 003 China Mulai Terkuak

Jum'at, 11 Juni 2021 - 05:34 WIB
loading...
Foto-foto Bocor, Misteri Kapal Induk Type 003 China Mulai Terkuak
Sejumlah foto memperlihatkan bentuk kapal induk Type 003 China. Foto/Twitter
A A A
BEIJING - Teka teki terkait kapal induk baru China sedikit demi sedikit mulai terkuak. Terbaru, sejumlah foto terkait kapal induk yang diberinama Type 003 itu beredar di dunia maya.

Berdasarkan foto-foto tersebut, kapal induk tersebut mulai terbentuk di Galangan Kapal Jiangnan, Shanghai. Foto-foto yang dikumpulkan dari media sosial China dan diposting di Twitter oleh pakar militer China, Andreas Rupprecht, mengisyaratkan apa yang telah lama diharapkan dari kapal baru ini yaitu akan menjadi langkah maju bagi program kapal induk negara itu: menjadi flat top modern pertama di negara itu.



Meski sejumlah bagian masih menjadi misteri, tetapi semakin banyak foto yang beredar semakin memberikan gambaran yang lebih jelas tentang bagaimana pembuatan kapal baru ini.

Beberapa pengamat sudah mulai mencari tahu seperti apa sebenarnya kapal induk itu berdasarkan gambar konstruksi yang sedang berlangsung, meskipun para ahli menilai masih terlalu dini untuk mengatakannya.

Matthew Funaiole, seorang rekan senior dan pakar China di Pusat Studi Strategis dan Internasional, melihat citra satelit dari upaya konstruksi di Jiangnan minggu ini.

"Mereka masih belum menempatkan pulau pada tempatnya. Mereka masih bekerja di dek penerbangan. Masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan," jelasnya, menambahkan beberapa hal terkait kapal ini mulai menjadi lebih jelas seperti dikutip dari Business Insider, Jumat (11/6/2021).

Kapal baru ini terlihat lebih besar dari dua kapal induk pertama, memberi China kemampuan untuk menurunkan sayap udara yang lebih besar dan lebih beragam, langkah yang diperlukan saat China bekerja untuk membangun angkatan laut modern yang mampu memproyeksikan kekuatan lebih jauh dari pantainya.

Dia mengatakan bahwa gambar yang dia lihat tidak menunjukkan sistem ketapel yang jelas, tetapi ada harapan kapal akan memilikinya, mungkin sistem peluncuran pesawat elektromagnetik canggih (EMALS) seperti kapal induk kelas Ford baru Angkatan Laut Amerika Serikat (AS).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1644 seconds (0.1#10.140)