Telur Ayam Berumur 1.000 Tahun Ditemukan di Israel

Kamis, 10 Juni 2021 - 16:02 WIB
loading...
Telur Ayam Berumur 1.000 Tahun Ditemukan di Israel
Telur ayam berusia 1.000 tahun ditemukan di Israel. Foto/Assaf Perez/IAA
A A A
YAVNE - Sebuah telur ayam purba berusia 1.000 tahun telah ditemukan di Yavne, sebuah kota di Israel tengah. Temuan telur ini, yang dinyatakan sebagai salah satu tertua di dunia, diumumkan Otoritas Purbakala (IAA) hari Rabu (9/6/2021).

“Ini adalah penemuan yang sangat langka, di Israel dan dunia,” kata Dr Lee Perry Gal dari IAA, seorang ahli unggas kuno terkemuka.

"Fragmen kulit telur selalu menarik untuk ditemukan dalam penggalian, tetapi relatif umum. Telur lengkap benar-benar unik," ujarnya seperti dikutip Jerusalem Post.



Fragmen kulit telur dari periode sebelumnya ditemukan di Kota David di Yerusalem dan di Kaisarea dan Apollonia.

Telur lengkap digali di kompleks industri besar yang berasal dari periode Bizantium (abad keempat hingga tujuh Masehi). Di dalam situs tersebut, para arkeolog menemukan sebuah lubang pembuangan dari periode Islam, dan yang mengejutkan mereka, di mana mereka melihat benda yang tidak biasa di dalamnya.

“Pelestarian unik telur ini terbukti karena kondisi di mana ia selama berabad-abad, terletak di lubang pembuangan yang berisi kotoran manusia lunak yang mengawetkannya,” kata arkeolog IAA, Alla Nagorsky, direktur penggalian situs tersebut.

"Bahkan saat ini, telur jarang bertahan lama di karton supermarket. Sungguh menakjubkan untuk berpikir bahwa ini adalah penemuan berusia 1.000 tahun!”

Karena cangkangnya sedikit retak, sebagian besar isinya bocor, tetapi bagian dari kuknya masih ada di dalam, yang akan memungkinkan analisis lebih lanjut di masa mendatang.

“Ayam didomestikasi di Asia Tenggara relatif baru, sekitar 6.000 tahun yang lalu, tetapi butuh waktu bagi mereka untuk memasuki makanan manusia,” kata Perry Gal.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0945 seconds (0.1#10.140)