Blinken: Iran Bisa Buat Bom Nuklir dalam Hitungan Pekan

Rabu, 09 Juni 2021 - 02:03 WIB
loading...
Blinken: Iran Bisa Buat Bom Nuklir dalam Hitungan Pekan
Menteri Luar Negeri (Menlu) AS Antony Blinken. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Iran dapat memiliki senjata nuklir dalam “beberapa pekan” kecuali Teheran membatasi pengayaan uranium.

Peringatan itu diungkapkan Amerika Serikat (AS) saat kepala pengawas nuklir PBB mengatakan “menjadi semakin sulit” untuk memperpanjang pengaturan sementara untuk inspeksi fasilitas nuklir Iran, ketika Teheran dan kekuatan dunia mencoba menyelamatkan Rencana Aksi Komprehensif Bersama (JCPOA) 2015.

JCPOA membatasi program nuklir Iran dengan imbalan keringanan sanksi internasional. Kesepakatan itu cacat sejak 2018, ketika AS keluar dari kesepakatan itu.



Mantan Presiden AS Donald Trump saat itu memberlakukan kembali sanksi, dan Teheran mulai menolak mematuhi batasan pada pengayaan uraniumnya sesuai kesepakatan itu.



“Masih belum jelas apakah Iran bersedia dan siap melakukan apa yang perlu dilakukan untuk kembali patuh,” ujar Menteri Luar Negeri (Menlu) AS Antony Blinken.



Dia menambahkan, “Sementara itu, programnya terus berjalan. Semakin lama ini berlangsung, semakin banyak waktu breakout berkurang. Sekarang berkurang, menurut laporan publik, hingga beberapa bulan. Dan jika ini terus berlanjut, itu akan turun menjadi hitungan pekan.”

AS dan Iran memulai pembicaraan tidak langsung di Wina pada April untuk melihat apakah kedua negara dapat melanjutkan kepatuhan terhadap JCPOA.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1110 seconds (0.1#10.140)