Trump: China Harus Bayar 'Kerusakan' atas Pandemi Covid-19 USD 10 Triliun

Minggu, 06 Juni 2021 - 20:55 WIB
loading...
Trump: China Harus Bayar Kerusakan atas Pandemi Covid-19 USD 10 Triliun
Berbicara dalam konvensi Partai Republik, Trump menyarankan agar China membayar kompensasi atas kerusakan yang disebabkan oleh pandemi Covid-19. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Mantan Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump kembali melemparkan serangan terhadap China terkait dengan pandemi Covid-19. Dia menuturkan bahwa Covid-19 adalah tanggung jawab Beijing.

Berbicara dalam konvensi Partai Republik di North Carolina, Trump menyarankan agar China membayar kompensasi atas kerusakan yang disebabkan oleh pandemi Covid-19.

"Selain itu, semua negara harus bekerja sama untuk mengajukan China tagihan minimal 10 triliun dolar untuk mengkompensasi kerusakan yang mereka sebabkan, dan itu jumlah yang sangat rendah," kata Trump, seperti dilansir Sputnik pada Minggu (6/6/2021).

Di kesempatan yang sama, Trump juga mengomentari penutupan pipa Keystone XL oleh pemerintahan Joe Biden Biden. Keystone XL adalah sistem pengiriman minyak yang memindahkan minyak mentah Alberta dari kota Hardisty di Kanada ke kilang dan peternakan tangki di Illinois, Oklahoma dan Texas.

Tiga fase pertama dari sistem saat ini beroperasi, namun, pembangunan fase keempat, lebih dikenal sebagai Keystone XL, yang direncanakan untuk mengangkut minyak ke negara bagian Nebraska, AS, menyebabkan keributan besar di kedua sisi perbatasan.

"Jika Anda menyukai lingkungan, jalur pipa jauh lebih baik daripada rel kereta api dan jauh lebih baik daripada truk, itu bagus, dan mereka mengakhirinya," tukasnya.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1255 seconds (0.1#10.140)