China: Jurnalis Pelapor Ilmuwan Wuhan Sakit Pembohong Pemicu Perang Irak

Sabtu, 05 Juni 2021 - 16:03 WIB
loading...
A A A
Artikel 8 September 2002 – ditulis bersama oleh Gordon dan Judith Miller dan berjudul 'US Says Hussein Intensisified Quest for A-Bomb Parts' – mengutip pejabat yang tidak disebutkan namanya yang mengatakan bahwa Irak telah memulai perburuan di seluruh dunia untuk bahan untuk membuat bom atom dan berusaha untuk mendapatkan ribuan komponen untuk sentrifugal yang digunakan untuk memperkaya uranium.

New York Times kemudian mengutip artikel itu sebagai contoh liputan "bermasalah" yang mendorong narasi senjata pemusnah massal (WMD) Irak sambil mengandalkan informasi samar dari sumber anonim.

Wang berpendapat bahwa pola yang sama sedang digunakan untuk mempromosikan teori kebocoran laboratorium Wuhan, mendorong hipotesis pinggiran yang baru-baru ini menjadi arus utama.

"Sekarang, orang yang sama ini, dengan cara yang sama untuk mengutip informasi anonim secara salah, meningkatkan hipotesis laboratorium Wuhan yang meregangkan kemiripan kredibilitas apa pun" ujarnya.

Teguran dari Beijing datang ketika Dr. Anthony Fauci, kepala penasihat medis Gedung Putih dan otoritas pemerintah AS terkemuka untuk COVID-19, meminta China untuk merilis catatan medis dari tiga ilmuwan yang dilaporkan jatuh sakit pada musim gugur 2019.

"Apakah mereka benar-benar sakit, dan jika demikian, apa yang mereka sakiti?” tanya Fauci, seperti dikutip Financial Times.

Dia juga meminta informasi tentang enam penambang, yang diduga jatuh sakit pada 2012 setelah mengunjungi gua kelelawar. Gua itu juga dilaporkan dikunjungi oleh para peneliti Wuhan.

"Sangat dapat dibayangkan bahwa asal-usul Sars-Cov-2 ada di gua itu dan mulai menyebar secara alami atau melalui laboratorium," katanya kepada Financial Times.

(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2046 seconds (0.1#10.140)