Korsel Tangkap Seorang Tentara yang Lecehkan Wanita hingga Sebabkan Bunuh Diri

Kamis, 03 Juni 2021 - 21:24 WIB
loading...
Korsel Tangkap Seorang Tentara yang Lecehkan Wanita hingga Sebabkan Bunuh Diri
Kemhan Korsel mengatakan seorang personel militer ditangkap dengan tuduhan lakukan pelecehan seksual terhadap rekan wanita, yang menyebabkan korban bunuh diri. Foto/Ist
A A A
SEOUL - Kementerian Pertahanan Korea Selatan (Korsel) mengatakanseorang anggota Angkatan Udara negara itu telah ditangkap dengan tuduhan melakukan pelecehan seksual dan melukai seorang rekan wanita. Keluarga mengatakan, pelecehan ini menyebabkan wanita malang tersebut bunuh diri.

Menurut kementerian itu, sersan utama, yang hanya diidentifikasi dengan nama keluarganya Jang, diduga melecehkan wanita dengan pangkat yang sama di dalam mobil dalam perjalanan kembali ke markas mereka di Seosan pada Maret setelah makan malam.

Korban, yang diidentifikasi hanya dengan nama keluarganya Lee, telah menderita tekanan mental dan dipindahkan ke pangkalan lain atas permintaannya dua bulan setelah insiden itu.

"Dia ditemukan tewas di rumahnya di pangkalan pada 22 Mei," kata militer dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Reuters pada Kamis (3/6/2021).

Keluarganya mengatakan, korban bunuh diri dan meninggalkan sebuah pesan perpisahandi ponselnya.

Pengadilan militer menyetujui penangkapan Jang atas tuduhan melanggar Undang-Undang Pidana dengan melakukan tindakan tidak senonoh dengan paksaan pada anggota militer dan menyebabkan cedera.

"Dia ditahan setelah sidang dan penyelidikan sedang berlangsung," kata juru bicara Kementerian Pertahanan Korsel, Boo Seung-chan.

Dia tidak memberikan rincian lebih lanjut tentang kasus tersebut dan tidak mengatakan apakah pria itu memiliki perwakilan hukum. Jang tidak menanggapi pertanyaan wartawan saat dia dikawal ke pengadilan militer.

Kasus ini telah memicu kegemparan publik sejak keluarga wanita itu mengajukan petisi ke kantor Presiden Korsel, Moon Jae-in pada hari Selasa yang menyerukan penyelidikan menyeluruh dan hukuman bagi mereka yang terlibat. Lebih dari 326 ribu anggota masyarakat telah menandatangani petisi tersebut.

Keluarga wanita itu menuduh Angkatan Udara Korsel berusaha menutupi serangan terhadap wanita itu dan membungkamnya.

"Dia menderita intimidasi terus-menerus sejak insiden itu dan militer hanya berusaha menyembunyikannya, mengabaikan keluhannya dan menekannya untuk menandatangani penyelesaian," tulis mereka dalam petisi.

Pihak keluarga korban mengatakan bahwa mereka mengajukan pengaduan kepada jaksa militer terhadap tiga pejabat di pangkalan tempat korban bertugas, menuduh dua dari mereka melalaikan tugas dan mencoba pemaksaan, dan yang lainnya melakukan pelecehan seksual.

Moon sendiri telah memerintahkan penyelidikan untuk memasukkan bagaimana pejabat yang bertanggung jawab menangani kasus ini dan dia menyerukan langkah-langkah untuk mencegah stigmatisasi lebih lanjut terhadap Lee, dan keluarganya.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1605 seconds (0.1#10.140)