Kepala Keamanan Rusia: Moskow Akan Gunakan Kekuatan Lawan Musuh

Rabu, 02 Juni 2021 - 07:35 WIB
loading...
Kepala Keamanan Rusia: Moskow Akan Gunakan Kekuatan Lawan Musuh
Sekretaris Dewan Keamanan Rusia Nikolay Patrushev. Foto/Russia Today
A A A
MOSKOW - Hanya dua minggu setelah Presiden Vladimir Putin mengungkapkan bahwa negara itu akan “menghancurkan gigi” setiap agresor, sekretaris Dewan Keamanan Rusia mengeluarkan peringatan keras untuk tindakan tidak bersahabat terhadap Moskow.

Berbicara kepada surat kabar Rossiyskaya Gazeta dalam sebuah wawancara yang diterbitkan pada hari Senin, Nikolay Patrushev mengungkapkan bahwa revisi strategi keamanan nasional negara itu berarti Moskow sekarang bersedia menggunakan kekuatan nyata dan bukan hanya sanksi ekonomi.

“Versi baru dari Strategi Keamanan Nasional menekankan keinginan Rusia untuk meningkatkan prediktabilitas, kepercayaan, dan keamanan di lingkup internasional,” Patrushev menjelaskan.

“Pada saat yang sama, ia mencatat legitimasi tindakan simetris dan asimetris untuk menekan dan mencegah tindakan tidak bersahabat yang mengancam kedaulatan dan integritas teritorial Rusia,” imbuhnya seperti dikutip dari Russia Today, Rabu (2/6/2021).



Secara khusus, dia mencatat apa yang dia sebut metode paksaan yang kuat, yang akan muncul setelah kegagalan langkah-langkah ekonomi khusus.

Selain taktik baru dalam menghadapi ancaman dari negara lain, strategi keamanan baru yang disampaikan kepada presiden juga bertujuan untuk meningkatkan daya saing Rusia secara internasional dan menciptakan kondisi untuk pertumbuhan ekonomi pada tingkat di atas tingkat dunia. Secara khusus, ia mencatat bahwa ekonomi negara harus tahan terhadap tekanan sanksi.

“Kondisi penting untuk memastikan keamanan ekonomi adalah ketergantungan pada potensi internal dan solusi independen untuk masalah yang dihadapi Rusia dengan tetap menjaga keterbukaan untuk kerja sama yang saling menguntungkan dengan negara lain,” jelasnya.

Namun, terlepas dari ancaman tersebut, Patrushev juga menyatakan bahwa Rusia dan musuh utama Baratnya, Amerika Serikat (AS), mampu mencapai solusi yang dapat diterima bersama, terlepas dari ketegangan baru-baru ini. Secara khusus, sekretaris Dewan Keamanan Rusia itu mencatat diskusi positif dengan Jake Sullivan, penasihat keamanan nasional AS. Putin dijadwalkan bertemu dengan mitranya dari Amerika Joe Biden pada akhir bulan ini, di Jenewa, Swiss.



Rusia biasanya merespon secara simetris terhadap gerakan musuh asing, seringkali dengan cara saling balas. Namun Moskow baru-baru ini menunjukkan kesediaannya untuk melakukan tindakan asimetris. Pada bulan April, setelah Republik Ceko mengusir 18 diplomat Rusia, Kremlin memutuskan untuk mengusir 20 orang Ceko. Dua hari kemudian, pada pidato tahunan Putin di Majelis Federal, dia memperingatkan negara-negara asing bahwa siapa pun yang mengancam keamanan nasional Rusia akan menyesali tindakan mereka seperti mereka tidak pernah menyesali apa pun sebelumnya, menjanjikan tanggapan asimetris, cepat, dan keras.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1130 seconds (0.1#10.140)