Varian Virus COVID-19 Punya Nama Baru

Selasa, 01 Juni 2021 - 15:10 WIB
loading...
Varian Virus COVID-19 Punya Nama Baru
WHO memberi label baru bagi sejumlah varian utama virus Corona baru penyebab penyakit COVID-19. Foto/Ilustrasi/Sindonews
A A A
JENEWA - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan telah menetapkan "label" baru untuk varian utama virus Corona baru penyebab penyakit COVID-19 . Alih-alih berdasarkan tempat di mana varian itu pertama kali terdeteksi, label baru dari varian utama virus Corona baru itu merujuk pada alfabet Yunani.

Sebagai contoh, WHO kini menyebut varian Inggris(B.1.1.7) dengan label "Alfa", dan varian Afrika Selatan (B.1.351) adalah "Beta".

"Tidak ada negara yang harus distigmatisasi untuk mendeteksi dan melaporkan varian," tulis Maria Van Kerkhove, kepala teknis WHO untuk respons COVID-19, dalam postingan di Twitter seperti dikutip dari CNN, Selasa (1/6/2021).

Sebaliknya, WHO di laman situsnya mengatakan, panel pakar WHO merekomendasikan penggunaan huruf alfabet Yunani untuk merujuk pada varian, yang akan lebih mudah dan lebih praktis untuk dibahas oleh audiens non-ilmiah.



Varian P.1, pertama kali terdeteksi di Brasil dan ditetapkan sebagai varian yang menjadi perhatian pada bulan Januari, telah diberi label "Gamma". Varian B.1.617.2, pertama kali ditemukan di India dan baru-baru ini diklasifikasikan ulang dari varian yang diminati menjadi varian yang menjadi perhatian, adalah "Delta". Varian minat telah diberi label dari "Epsilon" hingga "Kappa".

Semua virus, termasuk SARS-CoV-2, virus Corona yang menyebabkan COVID-19, dapat bermutasi atau berubah seiring waktu. Inilah yang menyebabkan varian.

WHO mencatat dalam pengumumannya bahwa label baru tidak menggantikan nama ilmiah yang ada untuk varian virus Corona.

"Nama ilmiah akan terus digunakan dalam penelitian," cuit Van Kerkhove.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2326 seconds (0.1#10.140)