Kubu Oposisi Israel Bersatu Ingin Gulingkan Netanyahu

Senin, 31 Mei 2021 - 07:46 WIB
loading...
Kubu Oposisi Israel Bersatu Ingin Gulingkan Netanyahu
Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu. Foto/Yonatan Sindel/Pool via REUTERS
A A A
TEL AVIV - Berbagai kubu oposisi telah bergabung dalam sebuah koalisi untuk membentuk pemerintahan baru Israel . Mereka kompak akan menggulingkan Perdana Menteri (PM) Benjamin Netanyahu .

Netanyahu merupakan pemimpin terlama di negara Yahudi tersebut.



Naftali Bennett, mantan menteri pertahanan di kabinet Netanyahu, dan pemimpin oposisi Yair Lapid akan memimpin partai-partai oposisi di bawah perjanjian baru yang akan membagi kekuasaan dalam "pemerintahan persatuan".

Bennett akan mengambil alih kekuasaan sebagai perdana menteri terlebih dahulu, dan kemudian Lapid jika mereka berhasil menggulingkan Netanyahu dari kekuasaan.

"Kita bisa pergi ke pemilu kelima, pemilu keenam, sampai rumah kita menimpa kita, atau kita bisa menghentikan kegilaan dan mengambil tanggung jawab," kata Bennett pada hari Minggu saat mengumumkan pembentukan koalisi anti-Netanyahu.

"Pemerintah persatuan diperlukan untuk menyelamatkan Israel dari kekacauannya," ujarnya.

Koalisi ini akan memiliki waktu satu minggu untuk menyelesaikan kesepakatan dan kemudian akan menghadapi pemungutan suara di Knesset atau Parlemen.

Lapid akan memberi tahu Presiden Reuven Rivlin tentang kemampuannya membentuk pemerintahan baru dengan mitranya pada hari Senin (31/5/2021), seperti dikutip Times of Israel.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1817 seconds (0.1#10.140)