Festival Indonesia Virtual di Tengah Pandemi untuk Peningkatan Kolaborasi Indonesia-Thailand

Jum'at, 28 Mei 2021 - 13:46 WIB
loading...
Festival Indonesia Virtual di Tengah Pandemi untuk Peningkatan Kolaborasi Indonesia-Thailand
KBRI di Bangkok kembali melaksanakan The 4th Indonesian Performing Arts Festival: Celebrating 70th Anniversary of Thailand and Indonesia Diplomatic Relations
A A A
BANGKOK - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Bangkok kembali melaksanakan 'The 4th Indonesian Performing Arts Festival: Celebrating 70th Anniversary of Thailand and Indonesia Diplomatic Relations'.

Festival ini dilakukan di Provinsi Nakhon Pathom, pada 27 Mei 2021 atas kerja sama KBRI dengan Universitas Chulalongkorn dan Nakhon Pathom Rajabhat University (NPRU). Festival ini untuk pertama kalinya dilaksanakan secara virtual mengingat situasi pandemi gelombang ketiga di Thailand.

Dalam sambutan pembukaannya, Duta Besar Republik Indonesia untuk Kerajaan Thailand, Rachmat Budiman, menggarisbawahi persahabatan antara Indonesia dan Thailand sejak era kerajaan Sriwijaya dan Majapahit. "Kedua negara sejak dahulu memiliki sejarah, nilai, dan budaya yang sama. Hal inilah yang kemudian menjadi inspirasi untuk terus melanjutkan dan membina kerja sama diantara kedua negara," ujarnya.

Virat Pinkaewn, Presiden Nakhon Pathom Rajabhat University mengapresiasi KBRI Bangkok yang menggelar Festival Indonesia di NPRU. Menurutnya, event ini sangat berharga dalam memperkaya wawasan pelajar NPRU tentang seni, budaya, dan Bahasa Indonesia termasuk hubungan kerja sama antara Indonesia dan Thailand.

Baca Juga: Wonderful Indonesia Festival Pikat Kaum Milenial Thailand

Khusus di bidang pendidikan dan sosial budaya, kedua negara telah mencapai kemajuan luar biasa terutama terkait program pertukaran pelajar dan kerjasama antar universitas. "Selama ini, Indonesia setidaknya memberikan tiga jenis beasiswa, yaitu beasiswa Dharmasiswa, BSBI dan Kemitraan Negara Berkembang (KNB) kepada pelajar Thailand untuk mempelajari seni, budaya, Bahasa Indonesia serta displin ilmu lainnya," katanya.

Dalam konteks kerja sama sosial budaya yang lebih luas, selama perayaan 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Thailand yang dimulai pada awal 2020, KBRI Bangkok bekerja sama dengan beragam institusi di Thailand telah berhasil menyelenggarakan sejumlah kegiatan. Berbagai kegiatan tersebut antara lain Sayembara Logo Peringatan 70 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia dan Thailand, Pameran Koleksi Batik Raja Rama V di Museum Tekstil Ratu Sirikit, Pertunjukan Bersama Ramayana, Festival Seni Budaya Indonesia ke-4, Pertemuan Alumni Penerima Beasiswa Indonesia, serta Peresmian Replika Candi Borobudur di Chiang Mai.
Festival Indonesia Virtual di Tengah Pandemi untuk Peningkatan Kolaborasi Indonesia-Thailand

Meskipun dilaksanakan secara virtual, Festival Indonesia ini mampu meraih antusiasme yang tinggi dari 100 pelajar NPRU. “Pandemi tidak menjadi penghalang untuk bekerja sama dan berkreasi. Melalui kreativitas kedua pihak, pandemi telah menciptakan momentum dan peluang yang lebih baik untuk meningkatkan kolaborasi kedua negara,” ujar Dubes Rachmat.

Agenda Festival Indonesia dikemas apik dan menarik. Presentasi mengenai Indonesia dibawakan oleh Koordinator Fungsi Penerangan Sosial Budaya, Nur Rokhmah Hidayah. Ada pula workshop bahasa Indonesia, batik dan tari Hanoman oleh guru dan instruktur seni KBRI Bangkok.
Festival Indonesia Virtual di Tengah Pandemi untuk Peningkatan Kolaborasi Indonesia-Thailand

Semua kegiatan ini dapat diikuti dengan baik oleh para peserta. Pada sesi kuis interaktif, sejumlah pelajar mampu menjawab pertanyaan tentang seni, budaya dan bahasa Indonesia dengan baik dan bersemangat. Salah satu peserta, Sirisak Chuenchom, mahasiswa NPRU menyampaikan bahwa pengetahuan dan wawasan yang diterima pada saat mengikuti paparan dan workshop akan disampaikan kepada murid-murid tempat dia mengajar.

Festival Indonesia Virtual di NPRU ini merupakan penutup dari rangkaian Festival Seni Budaya Indonesia ke-4 yang dilaksanakan sejak 2020. Pada November-Desember 2020, tiga Festival dilaksanakan di Chanthaburi, Nakhon Sawan, dan Kamphaeng Phet, dan di Bangkok pada April 2020. Festival ini diharapkan tidak hanya akan menempatkan Indonesia pada hati dan pikiran masyarakat Thailand, namun juga untuk berkontribusi dalam peningkatan kerja sama bilateral dan kawasan. CM
(ars)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1891 seconds (0.1#10.140)