Rusia Usir Kapal Perang Inggris dari Perairan Dekat Crimea

Jum'at, 28 Mei 2021 - 08:50 WIB
loading...
Rusia Usir Kapal Perang Inggris dari Perairan Dekat Crimea
Kapal perang HMS Dragon milik Inggris. Kapal ini diusir militer Rusia dari perairan di dekat Crimea. Foto/Briz
A A A
MOSKOW - Seorang pejabat keamanan Rusia mengungkap bahwa militer Moskow mengusir sebuah kapal perang Inggris dari perairan di dekat Crimea. Pengusiran ini terjadi Oktober lalu, namun baru diungkap kemarin.

Kapal perang HMS Dragon milik Kerajaan Inggris diusir oleh Angkatan Laut dan Angkatan Udara Moskow setelah kapal tersebut memasuki perairan teritorial Rusia di dekat Crimea.



Rusia menganeksasi semenanjung Laut Hitam Crimea dari Ukraina pada 2014, memicu sanksi dan kecaman dari Barat. Kieb ingin wilayah itu kembali ke pangkuannya.

Vladimir Kulishov, wakil kepala pertama dinas keamanan FSB, mengatakan pada hari Kamis bahwa Rusia telah memberi tahu kapal perang itu agar tidak memasuki perairannya. Namun, kapal itu justru melintasi wilayah perbatasan pada 13 Oktober di dekat Crimea selatan.

Dia mengatakan HMS Dragon, yang dijelaskan oleh Angkatan Laut Inggris sebagai penghancur pertahanan udara, telah menggunakan hak "innocent passage".

"Innocent passage" adalah konsep jalur perairan yang memungkinkan kapal untuk transit di perairan teritorial negara pantai asing dengan cara yang tidak merugikan kedamaian, ketertiban atau keamanan mereka.

Kulishov mengatakan kepada kantor berita RIA bahwa Moskow telah meminta kapal tersebut segera meninggalkan perairannya, dan kapten kapal perang menjawab bahwa penerimaan sinyal buruk.

"Kapal perang itu diusir ke perairan netral oleh aksi bersama Angkatan Laut dan Angkatan Udara Rusia," kata Kulishov.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1886 seconds (0.1#10.140)