Bak Sekutu Abadi, Ini Daftar Presiden AS yang Bela Israel dari Masa ke Masa

Senin, 17 Mei 2021 - 14:40 WIB
loading...
A A A
Barack Obama, November 2012

Lebih dari 100 warga sipil Palestina tewas ketika Israel melancarkan serangan militer di Gaza pada November 2012 setelah membunuh komandan militer Hamas Ahmed Jabari.

Obama sekali lagi membela tindakan Israel: "Tidak ada negara di dunia yang akan mentoleransi rudal yang menghujani warganya dari luar perbatasannya. Jadi kami sepenuhnya mendukung hak Israel untuk mempertahankan diri dari rudal yang mendarat di rumah orang-orang."

George Walker Bush, Desember 2008-Januari 2009

Serangan Israel di Gaza, dijuluki "Operation Cast Lead", dimulai pada pagi hari tanggal 27 Desember 2008. Ketika diumumkan lebih dari 22 hari kemudian, tembakan Israel telah menewaskan sekitar 1.400 warga Palestina, sebagian besar warga sipil, dan meratakan sebagian besar gedung-gedung ke tanah. Data itu dipaparkan Amnesty International.

Tetapi pada 2 Januari, Presiden AS saat itu George Walker Bush— yang berada di minggu-minggu terakhir waktunya di Gedung Putih— menyalahkan situasi itu pada Hamas. "Ledakan kekerasan baru-baru ini dipicu oleh Hamas—kelompok teroris Palestina yang didukung oleh Iran dan Suriah yang menyerukan penghancuran Israel," kata Bush, seperti dilansir NBC News pada saat itu.

Dia juga mengatakan gencatan senjata "yang mengarah pada serangan roket ke Israel tidak dapat diterima".

George Walker Bush, 2000-2005

Kunjungan yang menghasut oleh politisi Israel Ariel Sharon ke Masjid Al-Aqsa Yerusalem pada bulan September 2000 menyebabkan protes dan konfrontasi massal Palestina dengan pasukan keamanan Israel yang menewaskan tujuh orang Palestina. Intifada Kedua, juga dikenal sebagai Intifadah Al-Aqsa, diluncurkan.

Baik kelompok bersenjata Palestina—yang mulai melakukan pemboman bunuh diri—maupun Israel dituduh melakukan kejahatan perang dan pembunuhan warga sipil tanpa pandang bulu selama pemberontakan.
Israel melancarkan serangan udara dan serangan ke Gaza dan Tepi Barat. Setidaknya 3.000 warga Palestina dan 1.000 warga Israel tewas dalam pertempuran itu.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1200 seconds (0.1#10.140)